Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan

Muhamad Syamsul Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor, melalui modifikasi permainan. Memperoleh informasi secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart yang berupa siklus. Selain itu penelitian tindakan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang tindakan dan penerapan modifikasi permainan dalam cabang olahraga sepakbola untuk meningkatkan gerak dasar siswa V teknik dasar dribbling. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindang Baran Kota Bogor. Waktu pelaksanaan penelitian pada akhir bulan Maret sampai ditentukan. Dengan frekuensi penelitian adalah dua kali pertemuan satu minggu sekali. Subyek penelitian dalam penelitian meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola melalui modifikasi permainan adalah siswa kelas V SDN Sindang Barang kota bogor yang berjumlah 21 orang, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah angket, kuesioner, serta instrumen tes dribbling pada pembelajaran olahraga sepakbola yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa pada hasill belajar dribbling sebagai subjek penelitian.

Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar teknik dasar dribbling sepakola adalah 77,6 dengan persentase ketuntasan 66,67% siswa yang lulus, Dan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,98 dengan persentase ketuntasan 95.24% siswa yang lulus Hasil tes awal dan tes akhir penelitian dengan jumlah sampel 21 siswa yaitu mencapai peningkatan 95.24% atau lebih dari 80%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran teknik dasar dribbling pada pembelajaran sepakbola membuat dengan modifikasi permainan dapat meningkatkan gerak dasar siswa kelas  V pada SDN Sindang Barang Kota Bogor


Keywords


Sepakbola, permainan, modifikasi alat.

Full Text:

PDF

References


Husdarta dan Saputra. (2014) Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Martini Jamaris, (2013) Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusmono. (2012) Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Jakarta: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengruhinya. Jakarta: Reneka Cipta.

Sodikin dan Achmad, (2010) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional).

Widiastuti, (2014) Belajar Keterampilan Gerak, Jakarta ; FIK Universitas Negeri Jakarta.

Zainal aqib. (2010) Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright © Journal MAENPO by UNIVERSITAS SURYAKANCANA  Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id jurnal maeanpo by https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.