Pengaruh Olahraga Tradisional Terhadap Self-Esteem Mahasiswa Universitas Suryakancana

Aziz Amrulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh olahraga tradisional terhadap self-esteem mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran olahraga tradisional mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Sampel penelitian ini merupakan 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan rekreasi dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulan bahwa proses pembelajaran olahraga tradisional memberikan pengaruh yang signifikan tehadap self-esteem mahasiswa. Dari data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang berbeda dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 5,251 dan t tabel pada taraf α=0,05 dengan dk=n1+n2-2 = 20+20-2=38 menunjukkan angka 1,686. Jika t hitung lebih besar dari t tabel , maka hipotesis nol (H0) ditolak, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda atau rata-rata gain kelompok ekperimen lebih baik daripada kelompok kontrol..


Keywords


Olahraga Tradisional, Self-esteem

Full Text:

PDF

References


Aminudin, Aan. 2010. Pengaruh Outdoor Education Melalui Hard Games Dan Soft Games Terhadap Peningkatan Self Esteem (Penghargaan Diri) Siswa. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwipa, Aristokrat Agung. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Kasar Pada Siswa Putra Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Skripsi; Tidak Terbit.

Hidayat, Yusuf. (2008). Pengantar Psikologi Olahraga. Bandung : FPOK UPI Bandung

Khamdani, Ajun. 2010. Olahraga Tradisional Indonesia. Singkawang: PT. Maraga Borneo

Maksum, Ali. (2012). Metedologi Penelitian dalam Olahraga.Surabaya : Unesa University Press.

Nuryaningrum, Rahayu. 2013. Hubungan Self-Esteem dengan Pencapaian Prestasi Atlet UKM Softball UPI Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi; Tidak Terbit.

Sumardiyanto. 2010. Strategi Pembinaan Olahraga Tradisional. Makalah Olahraga Tradisional. FPOK UPI Bandung.

Susanti, Devi Primawati. 2014. Dampak Permainan Tradisional Kelompok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa Tunarungu. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi; Tidak Terbit

Muhamad Syamsul Taufik, Muhamad Guntur Gaos, 2019/11/1 Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual Jurnal, Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Jilid 3, 1 hlm. 43-54




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.