Korelasi Antara Motor Ability Dengan Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli Pada Siswa Berusia 18-19

Ahmad Suherly Dina Saputra, Muhamad syamsul taufik

Abstract


Motor ability merupakan kemampuan gerak seseorang untuk melakukan aktivitas fisik atau gerak yang diperlukan dalam kegiatan olahraga khususnya bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motor ability dengan keterampilan dasar bermain bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikkuler bola voli yang berjumlah 30 orang di SMAN 1 Pacet. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrumen pertama yang digunakan dalam penelitian adalah barrow motor ability dan instrumen yang kedua yaitu keterampilan bermain bola voli. Analisis data menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motor ability dengan keterampilan teknik dasar bola voli pada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa agar dapat menguasai keterampilan dasar bermain bola voli dengan optimal sangat membutuhkan korelasi dari motor ability


Keywords


Motor Ability, Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Hands B, Fleur McIntyre, and Helen Parker (2018). The General Motor Ability Hypothesis: An Old Idea Revisited. sagepub.com/journalsPermissions.navDOI: 10.1177/0031512517751750.

Jekauc D, Matthias Oliver Wagner, Christian Herrmann, Khaled Hegazy, Alexander Wol. (2017). Does Physical Self-Concept Mediate the Relationship between Motor Abilities and Physical Activity in Adolescents and Young Adults?. PLoS ONE 2017; DOI:10.1371/journal.pone.0168539.

Kumar M M, Vishan Singh Rathore. (2016). Speed and agility as predictors of long jump performance of male athletes.Turkish Journal of Sport and Exercise. http://dergipark.ulakbim.gov.tr/tsed/index. DOI: 10.15314/tjse.40102.

Muhamad Syamsul Taufik (2019) Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan Jilid 10 Terbitan 02 Halaman 68-78

Muhamad Syamsul Taufik (2014) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh, Fleksibilitas Dan Kecepatan Reaksi Dengan Kelincahan Pada Cabang Olahraga Futsal Lembaga Universitas Pendidikan Indonesia Nurhasan, cholil Hasanudin. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung : FPOK.

Natraj HV, Kumar C. Selected motor ability variables and kabaddi performance. Journal of Sports and Sports Sciences. 2006; 29(1):6-11.

Nurhasan dkk. (2017). Panduan Melaksanakan Tes, Pengukuran Dan Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Cianjur: PENDOR Universitas Suryakancana.

Prskalo I & Marijana Hraski. (2014). The relationship between motor abilities, physical activity and gender in preschool children. Merit Research Journal of Education and Review (ISSN: 2350 Available online http://www.meritresearchjournals.org/er/index.htm.

Sidhu J S. (2017). Anthropometric parameters and motor abilities among school children’s. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education 2018; 3(1): 366-369. ISSN: 2456-0057.

Sudhakara G. (2018). Examination of Motor Fitness in Skill Performance in Volleyball Men Players. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education 2018; 3(1): 551-553.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.