Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Smash

Muhamad Rivan Syukur, Ervan Kastrena

Abstract


Daya Ledak merupakan komponen kondisi fisik yang sangat penting serta berguna untuk menunjang dalam melakukan kegiatan fisik khususnya untuk melakukan teknik dasar smash.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara akurat mengenai kontribusi daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil smash. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskrptif korelasi dengan desain penelitian korelasional. Instrumen smash yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan nomor di setiap sisi lapangan. Analisis data menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot lengan terhadap keberhasilan dalam melakukan smash pada atlet bola voli di Ma AL-Riyad (r=.417), (2) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai terhadap keberhasilan dalam melakukan smash pada atlet bola voli di Ma AL-Riyad (r=612), (3) Ada hubungan yang signifikan secara bersamaan antara daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai terhadap keberhasilan dalam melakukan smash pada atlet bola voli di Ma AL-Riyad (Ryx1x2= 0.630). Kesimpulan menunjukan bahwa besarnya korelasi bersamaan antara daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai dengan kemampuan smash dihitung dengan koefisien korelasi yang kuat.


Keywords


Daya Ledak Otot Lengan,Daya Ledak Otot Tungkai, Smash

Full Text:

Untitled PDF

References


Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhamad Syamsul Taufik (2019) Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan Jilid 10 Terbitan 02 Halaman 68-78

Muhamad Syamsul Taufik (2014) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh, Fleksibilitas Dan Kecepatan Reaksi Dengan Kelincahan Pada Cabang Olahraga Futsal Lembaga Universitas Pendidikan Indonesia Nurhasan, cholil Hasanudin. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung : FPOK

Nurhasan & Setiawan E. (2017). Tes, Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Unsur.Cianjur.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright © Journal MAENPO by UNIVERSITAS SURYAKANCANA  Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id jurnal maeanpo by https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.