Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Bola Basket Melalui Metode Mengajar Bagian

Muhammad Fajar Faturahman, Eneng Fitri Amalia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta tentang kurangnya nilai siswa dalam praktik lay up pada pelajaran olahraga bola basket. Faktor keberhasilan teknik lay up salah satunya yaitu dengan pemilihan metode pengajaran, yang diajarkan di sekolah sudah banyak mengguanakan beberapa metode yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan jasmani, yang beberapa diantaranya kurang mampu meningkatkan keterampilan olahraga salahsatunya dibidang olahraga bola basket teknik lay up. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan teknik lay up bola basket pada siswa, yaitu melalui metode bagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan keterampilan teknik lay up bola basket pada siswa kelas VII-8 di SMP Negeri 1 Warungkondang melalui metode bagian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 1 Warungkondang, yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan, dengan jumlah siswa keseluruhan 32 orang siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari tes praktek berupa tes awal siklus dan tes akhir siklus dan non tes berupa lembar observasi siswa. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan Microsoft excel. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan teknik lay up bola basket pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 1 Warungkondang melalui metode bagian.


Keywords


Metode Bagian, Keterampilan Teknik Dasar Lay up Bola Basket.

Full Text:

PDF

References


Amber, Vic. (2009). Petunjuk Untuk Pelatih dan PemainBola Basket. Bandung. Pionir Jaya.

Aryani, Mela. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani & Olahraga. Universitas Suryakancana.Cianjur. Tidak Diterbitkan.

Muhamad Syamsul Taufik, Muhamad Guntur Gaos, 2019 Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan)

MS. TAUFIK, (2018) Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Jurnal Maenpo Jilid 8 Terbitan JUNI 2018 Halaman 2

Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Margalaya Permai.

Nurhasan, dkk. (2017). Tes, Pengukuran dan Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Universitas Suryakancana. Cianjur. Tidak Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright (c) Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.