Pengaruh Kekuatan Otot Lengan dengan Kelincahan terhadap Ketepatan Smash Bola Voli pada Club Aneka

wildan qohhar, benny setiawan

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kekuatan otot lengan dengan kelincahan terhadap ketepatan smash dalam bola voli pada club aneka di cilegon, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 15 atlet yang terdiri dari 15 putra, teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Desain penelitian menggunakan pretest - posttest control group desain. Instrument yang digunakan yaitu mengukur ketepatan smash. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh kekuatan otot lengan terhadap ketepatan smash diperoleh thitung 8.256 > ttabel 2.145 dan nilai signifikasi 0.000 <0.05 Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kekutan otot lengan lebih berpengaruh dibandingakn dengan kelincahan terhadap ketepatan smash dalam bola voli pada club aneka di Cilegon. Dengan demikian untuk mendapatkan ketepatan smash yang baik dalam berlatih ataupun bertanding harus disertai dengan latihan kekuatan otot lengan.

 


Keywords


Daya Ledak Otot Lengan,Daya Ledak Otot Tungkai, Smash

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhamad Syamsul Taufik (2019) Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan Jilid 10 Terbitan 02 Halaman 68-78

Muhamad Syamsul Taufik (2014) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh, Fleksibilitas Dan Kecepatan Reaksi Dengan Kelincahan Pada Cabang Olahraga Futsal Lembaga Universitas Pendidikan Indonesia Nurhasan, cholil Hasanudin. (2007). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung : FPOK

Nurhasan & Setiawan E. (2017). Tes, Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Unsur.Cianjur.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.