Pengaruh Gaya Mengajar dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Keterampilan Smash Bola Voli

Bayu Thomi Rizal, Kasriman Kasriman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar resiprokal, latihan, dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan smash bolavoli. Studi eksperimen pada mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Jambi angkata 2016, penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0.05.Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1)Secara keseluruhan keterampilan smashbolavoli kelompok mahasiswa yang mengikuti pembelajaran resiprokal lebih baik dibandingkan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran latihan, (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilansmashbolavoli, (3) Pada koordinasi mata tangan tinggi, hasil keterampilan smash bola voli kelompok gaya mengajar resiprokal lebih baik daripada kelompok gaya mengajar latihan, (4) Pada koordinasi mata tangan rendah, hasil keterampilan smash bola voli kelompok gaya megajar resiprokal lebih rendah daripada kelompok gaya mengajar latihan.

Full Text:

PDF

References


Achmad Sofyan Hanif. (2015). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. PT Raja Grafindo Persada.

Ade Padillah & Yunyun Yudiana. (2018). The The Effect of Cooperative Learning Model and Peer Teaching Learning Model in Volleyball Games on Social Skills and Volleyball Game Performance. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1, 35–39. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461

Darmawati, D., Rahayu, T., & Rc, A. R. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatandi SMPOgan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17359/8770

Ega Trisna Rahayu. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Febrianta, Y., & Sukoco, P. (2013). Upaya Peningkatan Pembelajaran Permainan Bolabasket Melalui Metode Pendekatan Taktik Siswa SMPN 2 Pandak Bantul. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 186–196. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2574

Hadiyatullah Akbari. (2013). Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Peningkatan Lompatan Block Pada Permainan Bolavoli. Artikel e- Journal UNESA.

Hidir Firdaus & Taufiq Hidayat. (2014). Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash Bolavoli. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive363

James Tangkudung. (2016). Macam-macam Metodelogi Penelitian Uraian dan Contoh. Lensa Media Pustaka Indonesia.

Kurniawan, K., & Ramadan, G. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 110. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.25

Misbah Alsah, Alfian Rinaldy, M. J. (2016). Hubungan Power Otot Lengan dan Panjang Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli Pada Klub PJVC Punge Juroeng Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume 2, Nomor4 :348 – 358 November 2016, 2(November), 348–358.

Mosston, M. (1981). Teaching Physical Education (A. B. & H. Co (ed.); Ke-2). Charles E. Merril Publishing.

Munasih, & Siti. (2016). Meningkatkan Kreatifitas Gerak Dasar Lempar Tangkap Bola Lunak Melalui Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(1).

Nur Haikal, M. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Status Gizi Siswa (Studi pada siswa kelas bawah SDN Bandung II Nganjuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1).

Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Era Pustaka Utama.

Pranopik, M. R. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Smash Bola Voli. Jurnal Prestasi, 1(1), 31–33. https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6495

Sabaruddin Yunis Bangun. (2017). Resiprokal Menggunakan Simpai Memperbaiki Belajar Passing Atas Bola Voli. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE) Vol: 2, No: 1 April , 4. https://doi.org/10.26740/JOSSAE.V4N2.P63-68

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tournament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Bermain Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 8. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5659

Tri Saptono. (2013). Perbedaan Pengaruh Metode Mengajar Reciprocal Dan Self Check Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 9, Nomor 2, November 2013Volume 9, Nomor 2, November 2013.

Undang-undang. (2005). Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kemenpora.

Verducci, F. M. (1980). Measurement Concepts in Physical Education. Mosby Company.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT Bumi Timur Jaya.

Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kajian Pendidikan, 5(1), 95–114.http://www.journals.mindamas.com/index.php/atikan/article/view/9/8




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i2.1065

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright © Journal MAENPO by UNIVERSITAS SURYAKANCANA  Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id jurnal maeanpo by https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.