ANALISIS TATA KELOLA ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (EMKM) PADA UMKM UBI BAKAR CILEMBU SIMADU

Segi Tabah Hermansyah, Dandi Bahtiar, Septi Sri Nurcahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan tata kelola dan manajemen dari UMKM Toko Ubi Cilembu Simadu. Adapun pendekatannya menggunakan teori Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) pada laporan keuangan UMKM dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM di Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi oleh UMKM Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu adalah kurangnya pemahaman dalam bidang akuntansi dan kekurangan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan akuntansi. Implementasi SAK EMKM oleh pelaku usaha UMKM ini di Desa Bungursari, Kecamatan Bugursari, Kabupaten Purwakarta belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman yang tercantum dalam SAK EMKM. Berdasarkan data dan observasi peneliti, pelaku usaha hanya mencatat informasi yang dianggap sangat sensitif, seperti pemasukan, pendapatan, persediaan, dan pengeluaran. Sementara itu, aspek-aspek lain seperti beban operasional dan lainnya tidak terdokumentasikan.

Kendala yang dihadapi oleh pemilik UMKM Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu dalam menerapkan SAK EMKM melibatkan kurangnya pengetahuan, terutama karena pemilik hanya lulus dari sekolah menengah pertama dan tidak melanjutkan pendidikan formal lebih lanjut. Selain itu, kekurangan sumber daya manusia yang memahami SAK EMKM, baik dari pihak pemilik maupun karyawan, juga menjadi hambatan utama, karena mereka belum pernah menerima pendidikan terkait pencatatan laporan keuangan.

Keywords


Tata Kelola UMKM; SAK EMKM

References


Lestari KC, Amri AM. Sistem Informasi Akuntansi (beserta contoh penerapan aplikasi SIA sederhana dalam UMKM). Deepublish; 2020.

Bahtiar D, Sulaeman P, Aditya D. Pemulihan Usaha UMKM Pasca Gempa Cianjur: Analisis Strategi dan Modal Sosial. J Minfo Polgan. 2023;12(2):2301–10.

RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikor, Kecil, Dan Menengah. Indonesia; 2008.

Thamrin Abduh SE. Strategi Internasionalisasi UMKM. Vol. 1. SAH MEDIA; 2018.

Lestari DP, Indarti D, Setiawan DE. PLATFORM DIGITAL TATA KELOLA SUMBER DAYA YANG TERINTEGRASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA DAN DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. uwais indie publisher;

Ini Pesan Bupati Purwakarta, Melihat Perkembangan Pelaku UMKM di Purwakarta [Internet]. Available from: https://purwakartakab.go.id/read/542

Ahmadin A, Pinem D, Bahtiar D, Hanika IM, Sofyan H, Jejen A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi ESG (Environmental, Social, And Governance). Innov J Soc Sci Res. 2023;3(5):9956–70.

Bahtiar D, Teguh DF. Analisis Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertanian Di Indonesia. J Adm Bisnis. 2022;2(2):116.

Bahtiar D, Faraitody D. ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DAN HUBUNGANNYA DENGAN KENAIKAN HARGA MINYAK GORENG (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Agroscience. 2022;12(1):32–49.

Harsanto P, Bahtiar D, Nurapipah DM. STRATEGI PRODUK TENGTENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PEMASARAN UMKM SARI PUTRA DESASUKAMANAH. J Ilmu Manaj Retail Univ Muhammadiyah Sukabumi. 2023;4(2):68–75.

Creswell JW, Creswell JD. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications; 2017.

Arikunto S. Metode peneltian. Vol. 173, Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta; 2010.

Sugiyono S. Metodologi Penelitian & Pengembangan (Research and Devolopment/R&D). Bandung: Alfabeta; 2019.

Sulaeman P, Sahrindi IL, Bahtiar D, Teguh DF. Panduan Karya Tulis Ilmiah 2022. 1st ed. Cianjur: FE UNPI Press; 2022.

Ghozali I. Multivariate analysis application with IBM SPSS 23 program. Semarang: Diponegoro University Publishing Agency; 2016.

SAK ETAP efektif Per 1 Januari 2011 [Internet]. Available from: https://web.iaiglobal.or.id/SAK-ETAP-Efektif/SAK ETAP efektif Per 1 Januari 2011#gsc.tab=0

Rahardjo SS. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. 2020.

Wardono DU, Wirawan A, Rahmat A, Zulfikar IR. Peran Teori Akuntansi dalam Pengembangan Prinsip Akuntansi. J Pendidik dan Konseling. 2023;5(1):4162–73.

Sholikin A, Setiawan A. Kesiapan UMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM (Studi UMKM Di Kabupaten Blora). JIFA (Journal Islam Financ Accounting). 2018;1(2):35–50.

Nursini N. Micro , small , and medium enterprises ( MSMEs ) and poverty reduction : empirical evidence from Indonesia. Dev Stud Res. 2020;7(1):153–66.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v3i2.3927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.