IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED SOCIAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DISABILITY AWARENESS OLEH KOMUNITAS TUNE MAP #MAPMYDAY DI BANDUNG

Gita Nofieka Dwijayati

Abstract


Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penyandang disabilitas mengalami keterbatasan akses akan pendidikan, lapangan pekerjaan, dan akses lainnya. Isu tersebut tidak hanya muncul di Indonesia, melainkan juga terjadi secara global. Tren global menunjukkan bahwa kelompok penyandang disabilitas mengalami eksklusi dalam pembangunan. Untuk mewujudukan lingkungan yang inklusif harus dilakukan oleh berbagai macam pihak, baik itu pemerintah, pihak swasta, maupun masyarakat luas karena disability awareness harus dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Salah satu pihak yang dapat berperan besar dalam meningkatkan kesadaran disabilitas adalah komunitas, salah satunya Tune Map #MAPMYDAY. Community Based Social Marketing (CBSM) adalah metode yang cukup efektif untuk mengubah perilaku komunitas karena melibatkan kontak langsung dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program CBSM Tune Map #MAPMYDAY dapat meningkatkan disability awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi secara aktif dan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan benchmark CBSM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program meningkatkan “disability awarenessâ€, Tune Map #MAPMYDAY telah cukup baik mengimplementasikan konsep CBSM dan berhasil mendapatkan respon positif dalam meningkatkan “disability awarenessâ€. Pada perencanaannya, ada beberapa hal yang mungkin harus lebih dipertimbangkan terutama dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin terjadi baik itu hambatan secara internal dan hambatan secara eksternal. Pada pelaksanaannya, Tune Map belum mempertimbangkan adanya kelompok kontrol padahal kelompok kontrol ini membuat organisasi dapat membandingkan perubahan yang terjadi antara kelompok yang terintervensi dan yang tidak terintervensi oleh kelompok kontrol.


Keywords


Kesadaran Disabilitas, Pemasaran Sosial, Komunitas, Community Based Social Marketing, Disabilitas

References


Aulia, N. N., Ummah, U., & Samawi, A. (2019). Urgensi Unit Layanan Disabilitas di Perguruan Tinggi Negeri Inklusif. Jurnal Ortopedagogia 5 (2), 68-73.

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2020). Disabilitas dalam Angka. Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/news/2023/01/05/828/disabilitas-dalam-angka.html

Buckle, S., & Walters, D. (2016, September). Restore Your Shore: A community-based social marketing approach. Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/308677701_Restore_Your_Shore_A_community-based_social_marketing_approach

Convention on The Rights of Persons With Disabilities (CRPD). (2019, Feb 2). United Nations Department of Economic and Social Affairs. Retrieved from United Nations Department of Economic and Social Affairs: https://www.un.org/development/desa/disabilitiesconvention-on-the-rights-of-persons-with-disabilities.html

Fitria, I., Permatasari, D. P., & Purnomo, M. (2021). Disability Awareness pada Siswa Sekolah Inklusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4 (3), 791-796.

Fries, S., Cook, J., & Lynes, J. K. (2020). Community-Based Social Marketing in Theory and Practice: Five Case Studies of Water Efficiency Programs in Canada. Social Marketing Quarterly, 26 (4), 325–344.

Hastuti, Dewi, R. K., Pramana, R. P., & Sadaly, H. (2020). Kendala Mewujudkan Pembangunan Inklusif Penyandang Disabilitas. Jakarta: The SMERU Research Institute.

Lynes, J., Whitney, S., & Murray, D. (2014). Developing Benchmark Criteria for Assessing Community-Based Social Marketing Programs: A Look into Jack Johnson’s “All at Once†Campaign. Journal of Social Marketing, 4(2), 111–132.

Magnusson, D. M., Call, F., & Boissonnault, J. S. (2017). Influence of a shorttime disability awareness program on knowledge and attitudes of school-aged children in Southern Belize: Results of a community university partnership. Physical Therapy, 97(4), 408-416.

McKenzie-Mohr, D. (2011). Fostering Sustainable Behavior: An Introduction to Community-Based Social Marketing. Gabriola Island, BC, USA,: New Society Publishers.

McKenzie-Mohr, D., & Schultz, P. W. (2014). Choosing Effective Behavior Change Tools. Social Marketing Quarterly, 20(1), 35–46.

Miller, F. A., & Katz, J. H. (2009). The Inclusion Breakthrough: Unleashing the Real Power of Diversity. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc. .

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN "Veteran" Yogyakarta Press.

Murti, R., & Malay, E. (2019). Efektivitas Program Disability Awareness Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Tentang Siswa Berkebutuhan Khusus. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi 10 (1) , 1-10.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Morin, D., Rivard, M., Crocker, A., Boursier, C., & Caron, J. (. (2013). Public Attitudes towards Intellectual Disability: a Multidimensional Perspective. Journal of Intellectual Disability, 57(3), 279-292.

Nasution, D. E. (2022). Implementasi Community Based Social Marketing Dalam Program Peningkatan Disability Awareness Oleh Komunitas Peduli Inklusi Nusantara di Blita. Commercium E-Journal UNESA (5) 3, 43-56.

Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas di Masyarakat dalam Kegiatan Penelitian Maupun Pengabdian pada Masyarakat di STAIN Kudus. Jurnal Penelitian, 8 (1), 71-92.

Ramlan, S. (2005). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Siswanto, B. (2012). Social Marketing: Pemasaran atau Penasaran? Pekan Ilmiah Dosen FEB (pp. 27-34). Solo: UKSW.

Supanji, T. H. (2023, Juni 15). Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia. Retrieved from Kemenko PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak-penyandang-disabilitas-di-indonesia

Tarnoto, N. (2017). Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas 13 (1), 50-61.

Wang, Z., Xu, X., Han, Q., Chen, Y., Jiang, J., & Ni, G. (2021). Factors Associated with Public Attitudes Towards Persons with Disabilities: a Systematic Review. . BMC Public Health, 21, 1–15.

Wheelmap.org. (2015, November 22). Organize a mapping event. Retrieved from Wheelmap: https://news.wheelmap.org/en/organize-a-mapping-event/

World Health Organization. (2015, November 30). MapMyDay – a worldwide campaign to raise awareness for accessiblity. Retrieved from Age Friendly World World Health Organisation: https://extranet.who.int/agefriendlyworld/mapmyday-a-worldwide-campaign-to-raise-awareness-for-accessiblity/




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v3i2.3810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.