ANALISIS PERILAKU KONSUMEN 555 CAFE AND RESTO

Rosda Malia, permata putri, hanisa sismaya lestari

Abstract


555 Cafe dan Resto merupakan salah satu cafe baru di Kabupaten Cianjur. Meski terbilang baru, 555 Cafe and Resto sudah memiliki cukup banyak pelanggan, berasal dari latar belakang yang beragam. Perbedaan latar belakang ini membuat konsumen memiliki beragam perilaku. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengkaji karakteristik konsumen 555 Cafe and Resto, 2) Mengkaji perilaku konsumen 555 Cafe and Resto. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian mendapatkan bahwa mayoritas konsumen adalah perempuan yang berstatus sudah menikah. Adapun perilaku konsumen 555 Cafe and Resto adalah: a). Konsumen berkunjung karena lokasi yang strategis dan mendapatkan informasi 555 Cafe and Resto melalui Instagram b). Konsumen melakukan kunjungan 1 kali/minggu di hari kerja pada pukul 17.01 – 22.00 WIB bersama teman c). Kenyamanan tempat dan menikmati suasana yang ditawarkan merupakan keputusan pembelian konsumen ketika berkunjung ke cafe d). Chicken wings Korean spicy dan Creamy milk coffee menjadi menu yang paling disukai konsumen e). Potongan harga menjadi bentuk promosi yang menarik bagi konsumen.


Keywords


karakteristik, perilaku, konsumen

References


Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi strategi pemasaran terbaik berdasarkan perilaku konsumen dalam menghadapi persaingan antar kedai kopi di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3), 856-872.

Badan Pusat Statistik. 2022. Kecamatan Metro Utara Dalam Angka Tahun 2022. Kota Metro.

BPS.

Dharmesta, B. S., & Handoko, T. H. 2016. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen.

Yogyakarta: BPFE UGM.

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi media digital: efektivitas akun Instagram @infobandungraya terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13-24.

Muhlisah, M. (2021). Fungsi Kafe “Omnivora†Sebagai Ruang Sosial Bagi Mahasiswa Di

Banjarmasin. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, 1(1).

Pratama, L. A. J., & Masykur, A. M. (2018). Interpretative Phenomenological Analysis Tentang Pengalaman Wanita Dewasa Madya yang Masih Melajang. Jurnal Empati, 7(2), 745-754.

Pratiwi, N. M. I., & Yasa, N. N. K. (2019). The effect of store atmosphere, social media marketing, and lifestyle on purchase decisions on consumers of the Alleyway café. European Journal of Management and Marketing Studies.

Putri, A., Hasnah, H., Paloma, C., & Yusmarni, Y. (2021). Perilaku Konsumen dalam Membeli Kopi di Masa Pandemi Covid-19 pada Coffee Shop Kota Padang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(4), 1308-1321.

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern Of Coffee, Preferences, Satisfaction And Loyalty Of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969-984.

Rasyad, H., & Anggraeni, L. K. (2021). Redesain Interior Oura Café Malang Berlanggam Natural Minimalis dengan Mengoptimalkan Ruang Usaha. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), F217- F223.

Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46.

Sugiyono, P. D. 2017. "Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D." Penerbit CV. Alfabeta: Bandung 225.

Veronika, N., Azhar, P. C., & Sugma, A. R. (2022). Dampak Perceraian Terhadap Psikologi Anak.

Jurnal Berbasis Sosial, 3(1), 30-37.

Wiranata, A., & Suwitho, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kafe RS Kopi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(4).

Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh celebrity endorser Hamidah Rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop mayoutfit di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43-55




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v3i2.3623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.