STRATEGI PEMASARAN SEBELUM DAN SESUDAH GEMPA CIANJUR 2022 (STUDI KASUS UMKM MEFITA CIANJUR)

Gita Nofieka Dwijayati, Nurul Ramadina

Abstract


Fenomena gempa bumi berkekuatan 5,6 SR pada bulan November 2022 di Kabupaten Cianjurberdampak pada UMKM Cianjur, salah satunya UMKM Mefita yang bergerak di bidang usaha sayuran segar dengan proses penjualan yang dilakukan secara online. UMKM Mefita mengalami penurunan jumlah konsumen pasca gempa bumi tersebut. Maka dari itu, diperlukannya strategi pemasaran yang baik untuk memastikan keberlangsungan sebuah usaha pasca bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Mefita sebelum dan sesudah gempa bumi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Mefita menggunakan strategi pemasaran dengan konsep 4P (Product, Price, Promotion, Place)baik itu sebelum ataupun sesudah gempa. Strategi product UMKM Mefita sebelum dan sesudah gempa yaitu menjual sayuran dan berinovasi pada produk olahan sehat. Strategi price sebelum gempa bumi yaitu menjual harga dengan standar pasar, sedangkan setelah gempa UMKM Mefita berfokus pada reseller dan memberikan harga khusus reseller.  UMKM Mefita memaksimalkan penggunaan digital marketing platform pada strategi promosinya baik itu sebelum maupun sesudah gempa. Strategi place yaitu menyalurkan produknya secara offline (melalui retail, supermarket, konsumen individu, dan reseller) dan online (melalui e-commerce). Strategi place tersebut tidak mengalami perubahan yang berarti baik itu sebelum maupun sesudah gempa. Penggunaan konsep bauran pemasaran yang tepat terbukti dapat memaksimalkan potensi UMKM Mefita dan meningkatkan volume penjualan pasca gempa bumi.

Keywords


Gempa Bumi, Strategi Pemasaran, UMKM, Bauran Pemasaran

References


Amstrong dan Kotler. (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Delapan, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas. 5(1): 66-72

A.Pearce, John II, Richard B.Robinson, Jr. (2016). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Halim, Abdul (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertunbuhan Ekonomi Kabutan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. 1(2): 157-172 https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP

Hartono. (2018). Buku Konsep Analisa Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish

Haryono. (2018). Pengaruh Penggunaan Website Terhadap Penjualan Produk Pengusaha Umkm Pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Journal LPPM Unindra Sosio E-Kons. 10(1): 39-46

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Laudon, K., & Traver, C. G. (2013). E-commerce Business, Technology, Society. Britania Raya: Pearson.

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan baurn pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Pundi, 01(01), 57–66.

Masrulin, U. (2019). Penjualan Minyak Kutus-Kutus Melalui Sistem Reseller. 10–27.

McDonald, M. (2021). Viewpoint – a big opportunity for interactive marketing post- COVID-19. Journal of Research in Interactive Marketing. https://doi.org/10.1108/JRIM-03- 2021-0092

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Morgan, N. A., Whitler, K. A., Feng, H., & Chari, S. (2019). Research in marketing strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 47(1): 4–29. https://doi.org/10.1007/s11747-018-0598-1

Mulyani, Y. S. (2021). E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri

Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19(Studi Kasus Umkm Di Kota Tasikmalaya). Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12(2): 131-141.

Ningratri, Y. A. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa (3P) Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIM SUKMA Medan. 80. https://doi.org/10.31227/osf.io/swg4a

Setiawan, N.; Afiff, A. Z.; & Heruwasto, I. (2021). Personal Norm And Pro-Environmental Consumer Behavior: An Application Of Norm Activation Theory. ASEAN Marketing Journal: Vol. 13: No. 1, Article 3. https://doi.org/10.21002/amj.v13i1.13213

Sudjana, N. (2015). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Trim, P. R. J., & Lee, Y. I. (2021). How B2B marketers interact with customers and develop knowledge to produce a co-owned marketing strategy. Journal of Business and Industrial Marketing, 10(8), 1943–1955. https://doi.org/10.1108/JBIM-12-2019-0544

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.Pengertian usaha mikromenurut Keputusan Menteri Keuangan No.40 / KMK.O6 / 2010 tanggal 29 Januari 2010

Wardhani, A.K. & Romas, A. N. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi. Journal of Research In Business and Economic. 4(1). 29-54. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/exero/article/view/5025/2815




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v3i1.3304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.