PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI DUREN STORY CIANJUR
Abstract
Duren Story Cianjur merupakan salah satu cafe yang berada di Kabupaten Cianjur. Cafe ini diminati berbagai kalangan, baik kalangan yang muda hingga yang tua. Upaya dalam memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan selalu diusahakan oleh Duren Story Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen, 2) Seberapa besar pengaruh saluran distribusi terhadap minat beli konsumen, 3) Seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dan saluran distribusi terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel penelitian adalah konsumen Duren Story Cianjur sebanyak 97 responden dengan menggunakan teknik sampel probability sampling. Adapun pengolahan datanya menggunakan uji instrumental, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis Dari hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Strategi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen nilai thitung>ttabel 4,040>1,985. 2) Saluran distribusi memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap minat beli konsumen nilai thitung>ttabel 4,804>1,985. 3) Strategi pemasaran dan saluran distribusi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifika terhadap minat beli konsumen nilai f hitung yaitu 0,436 3,94. Sehingga pengaruh variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel minat beli Y adalah sebesar 49,3% sedangkan sisanya 50,7% yang dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299.
BPS, 2015. Statistik Pertanian Republik Indonesia Tahun 2014.
Eko Harry Susanto, L. D. P. D. (2019). Pengaruh Marketing Mix 4P dan Perceived Quality Terhadap Purchase Decision Smartphone Vivo. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(6), 77. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i6.6101
Endrawati, T., & Widodo, A. (2019). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan Penjualan Jasa Barang Pada Perusahaan Ekspedisi. Jurnal Economic Resource, 1(2), 160–168. https://doi.org/10.33096/jer.v1i2.163
Irawan, Sunarto, Aprilia, J. (2015). ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DI RESTORAN IKAN BAKAR CIANJUR
SURABAYA Daniel. Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, 475– 488.
Kartika Rini. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Shampoo Pantene Pada. (JEBG) Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 16, 29–36.
Pertiwi, M. I., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). ( Survei pada Konsumen Baker ’ s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1), 179–186.
Setiawan, E., Perhotelan, P. S., Perhotelan, P. S., Konsumen, M. B., & Konsumen, P. (2021). Minat Beli Konsumen Di Bakso Kota Cak Man Magelang. Jurnal Pariwisata Vokasi, 2, 34–41.
Sokoastri, V. (2020). Preferensi konsumen dan strategi pemasaran produk olahan kelapa kopyor. 10(2), 145–154. Suhartono, Mas., (2016). Mengenal buah-buah unggul di Indonesia. Bandung : Penerbit Nuansa.
Tambun, J. (2019). ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA YANG SECARA TIDAK SAH MEMANEN HASIL PERKEBUNAN (Studi Putusan Nomor: 254/Pid.Sus/2020/PN Stb). 9–25.
DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v3i1.3296
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :
Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.