Analisis Keputusan Pembelian Barang-Barang Pertanian di Aplikasi Klik Indomaret (Studi kasus konsumen di Cianjur)

Nanan Marlina, Dandi Bahtiar, Reni Nurlaela

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat efisiensi aplikasi klik indomaret pada konsumen di Cianjur, serta melihat hubungan pengaruh dari aplikasi klik indomaret terhadap keputusan pembelian produk-produk pertanian dan produk-produk olahan dari bahan pertanian. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan data primer yang diperoleh dengan cara wawancara dan membagikan form kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak dan random pada konsumen-konsumen di Cianjur, dengan tetap melihat penyebaran pada wilayah, usia, pendidikan dan gender. Data yang terkumpul sebanyak 270 sampel yang memenuhi kriteria uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi klik indomaret telah efisien didalam mendukung penjualan dan pemasaran, namun hanya sebatas pelengkap dan secara omset masih kalah jauh dengan sistem penjualan secara offline. Hasil regresi menunjukan angka signifikan positif, yaitu klik indomaret mempunyai pengaruh positif pada keputusan pembelian untuk produk-produk pertanian, dengan nilai pengaruh yang tinggi atau sebesar 97,2%.

Saran dari penelitian ini adalah, perlunya peningkatan layanan klik indomaret dan promosi yang lebih gencar, serta perlu penelitian lanjutan tentang keinginan konsumen yang lebih lengkap. Sehingga bisa tergambar secara lengkap produk pertanian yang diinginkan oleh konsumen.


Keywords


Keputusan Pembelian, Klik Indomaret, Barang-Barang Pertanian

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu ditinjau dari Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/indikator/613

Bhairawa, P., Widianingsih, I., Ningrum, S., Suryanto, S., & Rianto, Y. (2022). Overcoming the COVID-19 Pandemic in Indonesia : A Science , technology , and innovation ( STI ) policy perspective. Health Policy and Technology, 11(3), 100650. https://doi.org/10.1016/j.hlpt.2022.100650

BPS. (2021). Kabupaten cianjur dalam angka 2021. BPS Kabupaten Cianjur.

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. In Modern methods for business research. (pp. 295–336). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Diandra, D., Syahputra, E., & Kunci, K. (2021). Covid-19 dan Strategi Bertahan Bisnis di Era Inovasi Digital : Dalam Perspektif Kapabilitas Digital Keunggulan Sumber Daya. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandng, 4-5 Agustus 2021, 1102–1107.

Ghojali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Pierre Uwiringiyimana, J., & Mahayana, D. (2020). ADIKSI MEDIA SOSIAL DAN GADGET BAGI PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 14(1), 1–14.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), Second Edition (2nd ed.). SAGE Publication, Inc.

Hair, J. F., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM : Indeed a Silver Bullet PLS-SEM : Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–151. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Khan, H. H., Malik, M. N., Chofreh, G., & Goni, F. A. (2022). Blockchain technology for agricultural supply chains during the COVID-19 pandemic : Benefits and cleaner solutions. Journal of Cleaner Production, 347(March), 131268. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.131268

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (15th ed., Vol. 15E). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Marlina, N., & Bahtiar, D. (2022a). Ekonomi Pembangunan Literasi dan Kajian Ilmiah. UNPI Press.

Marlina, N., & Bahtiar, D. (2022b). Seberapa Efisien Penggunaan Aplikasi E-Commerce dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Aplikasi Klik Indomaret). The Journal of Business and Management, 5(November), 577–593.

Nurlaela, R., & Bahtiar, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Studi pada UMKM di Desa Sukamanah, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur). The Journal Of Business and Management, 4(1), 34–38.

Passarelli, M., Bongiorno, G., Cucino, V., & Cariola, A. (2023). Adopting new technologies during the crisis: An empirical analysis of agricultural sector. Technological Forecasting and Social Change, 186, 122106. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122106

Stephens, E., Timsina, J., Martin, G., Wijk, M. Van, Klerkx, L., Reidsma, P., & Snow, V. (2022). The immediate impact of the first waves of the global COVID-19 pandemic on agricultural systems worldwide : Reflections on the COVID-19 special issue for agricultural systems. Agricultural Systems, 201(May), 103436. https://doi.org/10.1016/j.agsy.2022.103436

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sulaeman, P., Sarhindi, I. L., Bahtiar, D., & Teguh, D. F. (2021). Panduan Karya Tulis Ilmiah 2022. FE UNPI Press.

Teguh, D. F., & Bahtiar, D. (2021). The Effect of Rural Fund Management Accountability and Internal Control to Prevent Corruption. JBTI : Jurnal Bisnis : Teori Dan Implementasi, 12(2), 129–139.

Tomas, A., & Fitriningrum, A. (2022). PENGARUH OMNICHANNEL INTEGRATION QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION YANG DIMEDIASI OLEH OMNICHANNEL PERCEIVED VALUE PADA PELANGGAN KLIKINDOMARET ( STUDI EMPIRIS : KONSUMEN KLIKINDOMARET DI JABODETABEK ). Journal of Business and Applied Management, 15(1), 71–78.

Wirapraja, A., & Subriadi, A. P. (2020). Effectiveness of Social Commerce In Influencing Repurchase Intention : A Systematic Literature Review. International Conference on Computer Science, Information Technology, and Electrical Engineering (ICOMITEE), June, 24–29. https://doi.org/10.1109/ICOMITEE.2019.8921184

Zhang, S., Pauwels, K., & Peng, C. (2019). The Impact of Adding Online-to-Offline Service Platform Channels on Firms’ Offline and Total Sales and Profits. Journal of Interactive Marketing, 47, 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.intmar.2019.03.001




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v2i2.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.