PERANCANGAN MEMORY MECHANIC PADA GAMIFIKASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA COMPANY PROFILE APP (STUDI KASUS : PT TROPHY PLAYER MANAGEMENT)

Diny Syarifah Sany, Fauzan Zikri, Ahmad Fakhri Syarif

Abstract


Pembaharuan metode promosi didalam bisnis merupakan hal yang sangat penting di era ini. Promosi konvensional berubah menjadi promosi daring salahsatunya dengan menggunakan aplikasi. Gamifikasi kini juga digunakan di berbagai jenis aplikasi, salah satunya adalah promosi. Gamifikasi mengadaptasi mekanik game untuk diterapkan di non-game. Memory merupakan mekanik game yang kegiatan utamanya adalah berhubungan dengan daya inngat pemain. Trophy Player Management merupakan sebuah agensi pemain bola keturunan Indonesia baik yang tinggal di luar negeri ataupun didalam negeri. Promosi pemain bola sangat diperlukan untuk mengenalkan dan menaikkan rate dari pemain bola itu sendiri sehingga klub bola akan tertarik untuk mengontrak pemain tersebut. Pada penelitian ini diusulkan sebuah rancangan gamifikasi menggunakan mekanik memory sebagai media promosi pemain bola di Trophy Player Management. Setelah melakukan pengujian, penggunaan mekanik memory ini memberikan dampak positif terhadap kegiatan promosi di Trophy Player Management.


Keywords


gamifikasi, mekanik memori, mekanika permainan, promosi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Kumaya, Meti Indrowati, and Riezky Probosari. 2018. “Penerapan Guided Inquiry Berbantu Memory Match Game Untuk Meningkatkan Retensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA.†BIO-PEDAGOGI 7:19. doi: 10.20961/bio-pedagogi.v7i1.35724.

Ariani, Diana. 2020. “Gamifikasi Untuk Pembelajaran.†Jurnal Pembelajaran Inovatif 3(2):144–49. doi: 10.21009/jpi.032.09.

Ismail, Khodijah, and Rachmad Nor. 2021. “Komunikasi Sebagai Media Promosi.â€

Marisa, Fitri, Tubagus Mohammad Akhriza, Anastasia Lidya Maukar, Arie Restu Wardhani, Syahroni Wahyu Iriananda, and Mardiana Andarwati. 2020. “Gamifikasi (Gamification) Konsep Dan Penerapan.†JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) 5(3):219. doi: 10.31328/jointecs.v5i3.1490.

Prastiyanti, Dinda Puspa, and Yulianto Yulianto. 2019. “Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan.†Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation 2(2):174–84. doi: 10.17509/jithor.v2i2.20993.

Ramadan, Ari. 2021. “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk ‘Rendang Uninam.’†Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM] 5(1):64–84. doi: 10.29244/jskpm.v5i1.796.

Rejeki, Lestari, and Kussudyarsana. 2020. “Pengaruh Media Sosial Online Dan Media Promosi Offline Terhadap Pemilihan Merek Produk Skincare Dan Klinik Kecantikan.†Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya 22:1–11.

Sany, D. S., and A. Nurbaiti. 2021. “Desain Trivia Game Untuk Latihan Assessment Kompetensi Minimum Tradisional Pada Matematika Kelas V SD.†Media Jurnal Informatika 13(2):52–56.

Sany, Diny Syarifah, Muhammad Fikriansyah, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Suryakancana. 2022. “RPSG-A : Desain Role Playing Serious Game Untuk Pelatihan Adaptasi Di Lingkungan Baru Pendahuluan.†8(1):99–124.

Sany, Diny Syarifah, and Fauzan Zikri. 2021. “Perancangan Skenario Adaptif Untuk Reward Pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring Menggunakan Finite State Machine.†Media Jurnal Informatika 13(1):12. doi: 10.35194/mji.v13i1.1485.

Suheri, A., and D. S. Sany. 2018. “Pengembangan Visual Portofolio Digital Berbasis Augmented Reality Menggunakan Kartu Tanda Penduduk Dan Android.†Media Jurnal Informatika 6:30–36.

Supriyadi, Sugeng. 2018. “Rancang Bangun Alfabet Memory Game Menggunakan Linear Congruent Method (Lcm).†JEJARING: Journal of Technology and Informatics Management 3(1).

Zikri, Fauzan, Intan Pematasari, Universitas Suryakancana, and Linier Berganda. 2021. “Pengaruh Penetapan Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Sepatu Gino Mariani Pada Pt . Sepatu Mas Idaman.†Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) 1:30–47.




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v2i2.2811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.