PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PURCHASE ORDER (PO) TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI CV. SUFI FRESH

Rahmat Taufiq Dwi Jatmika, Hanidah Lutfi Afifah, Zuber Zuber

Abstract


CV. Sufi Fresh merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian yaitu supplier sayuran hortikultura. Dengan berbagai macam varietas unggul dan memiliki kualitas supplier sayuran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi pada perusahaan CV. Sufi Fresh 2. Untuk mengetahui pengaruh PO terhadap volume penjualan pada perusahaan CV. Sufi Fresh 3. Untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan PO terhadap volume penjualan pada perusahaan CV. Sufi Fresh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yaitu memberi gambaran dan uraian pengaruh saluran distribusi (X1), purchase order PO (X2), volume penjualan (Y), yang di analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa : 1. Variabel saluran distribusi memiliki nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu 4.106 > 1.991 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 hal ini dapat diartikan bahwa saluran distribusi memiliki pengaruh terhadap volume penjualan 2. Variabel purchase order PO memiliki nilai thitung yang lebih kecil dari ttabel yaitu 1.523 < 1.985 dan nilai signifikansi 0,132 > 0,05 meskipun purchase order PO sudah digunakan di CV. Sufi Fresh namun kenyataannya tidak begitu berpengaruh terhadap volume penjualan 3. Variabel saluran distribusi dan purchase order PO memiliki nilai fhitung yaitu 9.412 > 3.97 nilai siginifikansi 00,0 < 0,05 hal ini dapat diartikan bahwa saluran distribusi memiliki pengaruh terhadap volume penualan.


Keywords


Saluran Distribusi, Purchase Order PO dan Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Andrian, A. (2018). Dampak Promosi, Brand Awareness Dan Pemilihan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Sakit Kepala. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 165– 174. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.109

Ariffin, K. B., Ningrum, D. A., & Mahmudah, S. (2021). Purchase Order Analysis Imported Goods in PT . XYZ. https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2019.2302908

Berata. (2014). solusi Pelaksanaan Pengawasan Purchase Order Pada PT Showa Indonesia.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran.

Danang. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dewi dan kristanto. (2013). Akuntansi biaya.

Etzel. (2013). TINJAUAN DISTRIBUSI PRODUK PT. JAYA PUTRA SEMESTA.

Etzel dan Stanton. (2013). Jurnal Administrasi. Bisnis (JAB).Vol. 26 No. 1. 2013.

Firdaus, P. N. (2015). Bauran Komunikasi Pemasaran “Hijabmurahsby†Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. UIN Sunan Ampel Surabaya., 24–51.

Fauzi. (2004). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Fitri Nurmawati. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA.

Handoko. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Hasibuan. (2017). manajemen sumber daya manusia.

Husaini Usman. (2008). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan – Ed.2, Cet.

Inayatika, L. (2018). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan RKLB AVe nue(Periode 2014-2016). Akuntansi, 12–36.

Karim. (2014). Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group.

Karanganyar, D. I. (2009). ANALISIS PROSES PO ( PURCHASE ORDER ) PADA PT . KUSUMAHADI SANTOSA.

Kotler. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran ed.Ketiga. Belas.

Maria Agustina Amelia. (2014). KETERBANDINGAN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASAR METODE PENSKORAN NUMBER- RIGHT SCORE DAN METODE PENSKORAN CORRECTION FOR GUESSING.

Notoatmodjo. (2013). Variabel Independen Dan Variabel Dependen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nugroho, E. (2016). PELAKSANAAN PENGAWASAN PROSEDUR PURCHASE ORDER ( PO ) PADA PT SHOWA INDONESIA DI BEKASI. 5(2).

Pujihastuti. (2010). Meode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Purnomo. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS.




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v2i2.2799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.