PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DWIGIE TAUCO COOKIES KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT

Adang Suryana, Ahmad Nur Rizal, Variyan Ariadi

Abstract


Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin pesat, cepat dan beraneka ragam seiring dengan tuntutan kebutuhan hidup masyarakat yang semakin komplek akibat perubahan gaya hidup. Berbagai macam konsep, bentuk serta cita rasa yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis kuliner ini yang bertujuan untuk dapat memanjakan mata sekaligus lidah dari para penikmat kuliner salah satunya yaitu tauco cookies. Tauco cookies merupakan kue kering dari bahan dasar bumbu tauco yang memiliki khas dan cita rasa lezat. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan berbagai pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Dwigie tauco cookies. Penelitian ini dilakukan populasi dan sampling 90 responden,  sedangkan metode analisis datanya yaitu menggunakan uji validasi dan uji reliabiltas. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan tersebut bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk dwigie tauco cookies karena thitung 2,732>ttabel 1,662 berarti hipotesis pertama diterima, atau dapat diartikan bahwa kualitas produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dwigie tauco cookies karena thitung 3,104>1,662 berarti hipotesis kedua diterima, atau dapat diartikan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dwigie tauco cookies. Berarti hipotesis ketiga tidak diterima, karena menunjukkan thitung 0,721<1,662 ttabel, atau dapat diartikan promosi dapat mempengaruhi keputusan pembelian serta kolerasi kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk dwigie tauco cookies karena thitung< ttabel. Hal ini terjadi karena tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 27,213. Dengan demikian secara bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


tauco, tauco cookies, dwigie tauco cookies

Full Text:

PDF

References


Indriyo Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta :

BPFE.

Kotler, Keller. 2016. Marketing Management 15 e Global Edition. England : Pearson Education

Limited.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.. Semarang : UNDIP.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.