Pengembangan Model Quality Improvement Program (QIP) untuk meningkatkan Kinerja Dosen Pada Perguruan Tinggi Swasta

Wati Irnawati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kualitas dan kuantitas kinerja dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi, menganalisis program kinerja dosen yang telah dilakukan untuk mengetahui dampak dari program pengembangan tersebut dan merancang program pengembangan untuk meningkatkan kinerja dosen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Model pengembangan dalam penelitian ini melalui tahap model konseptual, model teoritik, model hipotetik  dan model final. Namun pada artikel ini hanya akan membahas sampai pada model teoritik. Temuan-temuan pada penelitian ini adalah masih rendahnya jumlah guru besar, masih banyak perguruan tinggi swasta yang di bawah standar pendidikan tinggi, kompetensi dosen masih belum optimal dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi terutama dalam bidang penelitian dalam hal ini masih rendahnya kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah, masih ada dosen yang belum memiliki jabatan fungsional serta tuntutan stakeholder yang semakin kuat agar perguruan tinggi swasta melakukan perubahan-perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola perguruan tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hasil pada penelitian ini berupa Program Pengembangan Kinerga Dosen Terpadu diharapkan mampu meningkatkan kinerja dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Terutama dalam publikasi ilmiah, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan produktivitas dosen sehingga dapat berkontribusi pada pengembangan perguruan tinggi swasta menuju good university governance

 

Kata Kunci : Program Pengembangan Kinerja Dosen Terpadu


Keywords


Program Pengembangan Kinerja Dosen Terpadu

Full Text:

PDF

References


Satori, Djam’an., (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kotter, John P., Heskett, James L., (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ramli & Jalinus, Nizwardi., (2013). Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Sumatera Barat Pasca Sertifikai. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 17, No. 1.

Philbin, Ann & Mikush, Sandra., (1999). A Framework for Organizational Development: The Why, What and How of OD Work. https://www.mrbf.org/sites/default/files/organizationaldevelopment.pdf. Diakses Tanggal 25 Meo 2018.

Peleyeju, J. O., & Ojebiyi, O. A., (2013). Lecturer’s Performance Appraisal and Total Quality Management of Public Universitites in South-Western Nigeria. British Journal of Education, Vol. 1, No. 2. http://www.eajournals.org. Diakses Tanggal 23 Mei 2018.

Bai, S., Rajput, Q., Hussain, S., & Khoja, S.A., (2014). Faculty Performance Evaluation System: An Ontological Approach. Proceeding of IEEE/ACS International Conference on Computer Sysstem and Application, AICCSA, Vol. 2014). https://www.semanticscholar.org. Diakses Tanggal 23 Mei 2018

Langen, J. M., (2011). Evaluation od Adjunct Facultyin Higher Education Institutions. Assessment and Evaluation in Higher Education, Vol. 36, No. 2. https://www.tandfonline.com/doi/abs. Diakses Tanggal 23 Mei 2018

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (2010). Applying Educational Research :, sixth Edition. Pearson Education, New York: Longman


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: je@unsur.ac.id

Creative Commons License
Jubis(Jurnal Administrasi Bisnis) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.