PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN SEPATU GINO MARIANI PADA PT. SEPATU MAS IDAMAN

Fauzan Zikri, Zuber Zuber, Intan Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga dan biaya promosi terhadap hasil penjualan. Adapun variabel yang diobservasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel dimana penetapan harga sebagai variabel biaya promosi sebagai variabel  dan penjualan sebagai variabel Y. Di dalam penelitian ini untuk memperoleh data menggunakan data primer dan data sekunder yang tujuannya mengolah data dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif. Adapun, Penetapan harga dan biaya promosi terhadap hasil penjualan menggunakan metode Regresi Linier Berganda, sedangkan untuk mengolah data menggunakan software SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persamaan regresi linier berganda yaitu Ŷ = (19320803,412) + 96387,612 X1 + 588,234 X2 Sedangkan, hasil regresi sederhana  membuktikan bahwa pengaruh harga (X1) terhadap hasil penjualan yaitu sebesar 0,738 dengan tingkat kontribusi yang disumbangkan variabel X1 terhadap Y adalah KP= (r)2 x 100 % = (0,738)2 x 100% = 54,46% dan biaya promosi (X2) terhadap hasil penjualan yaitu sebesar 0,878 dengan tingkat kontribusi yang disumbangkan variabel X2 terhadap Y adalah KP= (r)2 x 100 % = (0,878)2 x 100% = 77,09%. Adapun hasil kedua variabel independen dinyatakan kuat karena mendekati (+1) sebesar 0,984 dan sementara yang disumbangkan secara simultan oleh variabel X1 dam X2 terhadap Y adalah: KP = (RX1, X2.Y)2 x 100% = (0,984)2x 100% = 96,8%, sedangkan, sisanya 3,2 % ditentukan oleh variabel lain disebabkan oleh faktor-faktor lainnya seperti produksi dan distribusi terhadap hasil penjualan di PT Sepatu Mas Idaman.

 

Kata kunci: Penetapan Harga, Biaya Promosi, Hasil Penjualan


Keywords


Penetapan Harga, Biaya Promosi, Hasil Penjualan

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Ed. 1-8. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Abdullah, T., & Tantri, P. (2013). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Batubara, A., & Rahmat, H. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman, Vol. 4, No. 1, pp. 33-46.

Dharasta, You, S.M.A. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tikey (Studi Kasus pada Jasa Travel Agent di Wilayah Yogyakarta). Jurnal Manajemen Dirgantara Vol.10 No.2

Eva Z. Yusuf, Lesley Williams. Manajemen Pemasaran: Studi Kasus Indonesia; Penerjemah: Abdul Rosyid; Editor Y. Yuwono-Jakarta: Penerbit PPM, 2007.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing, Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). United States of America: Pearson

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern (1th ed.). Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Rangkuti, Fredy. Riset Pemasaran. Cetakan kesebelas: November 2013. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta: Bandung, 2004

Siregar, Sofyan. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan SPSS Versi 17; editor, Fandy Hutari. –Ed.1, Cet.2. – Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Suharno & Sutarso, Y. (2010). Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M. M., Gazali, M., Hartono, S., & Farina, T. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2th ed.). Yogyakarta: Andi.

Yet, S. (2011). Start Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v1i1.1491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.