MANAJEMEN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH

Yahya Mulyadi

Abstract


PPKn merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah berdasarkan Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku.  Sebagai mata pelajaran wajib, PPKn harus ditempuh oleh semua siswa. Guru PPKn memiliki peranan dominan dalam merekayasa pembelajaran untuk mencapai tujuan PPKn. Secara kurikuler PPKn memiliki tujuan membentuk siswa menjadi warga negara dan warga dunia yang baik.

Guru PPKn dituntut untuk menjalankan manajemen PPKn dengan baik dan benar. Manajemen PPKn adalah urusan aktualisasi fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru PPKn adalah pengembang kurikulum nasional menjadi kurikulum operasional untuk siswa dan kelasnya masing-masing. Kurikulum operasional sebagai rencana pelajaran dilaksanakan melalui proses (kegiatan) belajar-mengajar alias pembelajaran. Evaluasi atau penilaian adalah proses menentukan nilai dan makna keberhasilan PPKn berdasarkan standar yang ditetapkan, tidak hanya mengenai hasil belajar siswa tetapi juga melihat efektifitas proses belajar-mengajar dan kelayakan rencana pelajaran.  Kurikulum 2013 menuntut guru PPKn untuk menerapkan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran dan menggunakan Pendekatan Otentik untuk mengetahui hasil belajar siswa.

 

Kata kunci:   Kurikulum PPKn 2013, kurikulum nasional, kurikulum operasional, warga negara dan warga dunia yang baik, manajemen PPKn, pendekatan saintifik, penilaian otentik.


Full Text:

PDF

References


Ardinata. 2010. raiardinata.blogspot.com

Budimansyah. Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung:Widya Aksara.

Djahiri, A. Kosasih. 1985. Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral-VCT dan Games dalam VCT. Bandung: PMPKn FPIPS IKIP.

Hasan, S. Hamid. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.

Kemendikbud. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.

Maftuh, Bunyamin. 2014. Implementasi Pembelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013. Bandung: UPI.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

---------, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasana, Dedi. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2015.

Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Grafindo Persada.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Abdul Azis dan Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, Udin S. 2007. Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Sps UPI.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.933

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.933.g2342

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â