KETERLIBATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENJELANG PEMILU 2019

Euis Rojabiaturrohmah, Laras Sari Putri Pujianti

Abstract


Indonesia adalah sebuah negara yang menganut sistem demokrasi yang berdasarkan Konstitusi. Artinya dalam pelaksanaan Berdemokrasi harus sesuai dengan UUD 1945. Pemilu sebagai salah satu wujud nyata dalam berdemokrasi merupakan suatu agenda yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden beserta anggota Legislatif baik ditingkat daerah maupun tingkat Nasional. Dalam Pemilihan Umum diperlukan suatu media komunikasi dalam upaya penyampaian informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang kondisi masyarakatnya heterogen. Kehadiran media sosial dalam beberapa tahun terakhir telah melahirkan revolusi digital yang memengaruhi kehidupan manusia. Revolusi digital telah mempengaruhi prilaku dan kultur masyarakat dalam berkomunikasi dan mengonsumsi berita. Kehadiran media sosial mengubah informasi menjadi lebih mudah dan personal. Media sosial adalah bentuk nyata demokratisai dalam arti nyata. Kehadiran media sosial tiadak dapat dipandang sebelah mata karena dampaknya benar-benar dapat kita rasakan secara personal. Media sosial secara tidak langsung sudah sangat berpengaruh sebagai media informasi yang mengabarkan berita-berita terkait dengan Pemilu pada bulan 17 April 2019 mendatang. Dengan adanya media sosial tentunya akan berdampak positif maupun negatif pada hasil dari Pemilu medatang.

Kata Kunci: Pemilu, komunikasi Politik, Media Sosial


Full Text:

PDF

References


PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA dikalangan pelajar kabupaten Bogor. (2018). Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, 154-161.

Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik diera Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 91-101.

Ardha, B. (2014). SOCIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PARTAI POLITIK 2014. Jurnal Visi Komunikasi , 105-120.

Budiarjo, M. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: CV Prima Grafika.

Budiyono. (2016). Media Sosial dan Komunikasi Politik: Media Sosial sebagai Komunikasi Politik Menjelang PILKADA DKI Jakarta 2017. Jurnal Komunikasi, 47-62.

Huda, N., & Nasef, M. I. (2017). Penataan Demokrasi & Pemilu di Indonesia Pasca Reformasi. Jakarta: KENCANA.

Mujiran, P. ( 2018, Januari 7). Media Sosial di Tahun Politik. Retrieved Februari 4, 2019, from INVESTOR DAILY INDONESIA: https://id.BeritaSatu.com

Nugroho, H. (2012). Demokrasi dan Demokratisasi:Sebuah Kerangka Konseptual untuk Memahami Dinamika Sosial-Politik Di Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1-15.

Purbolaksono, A. (2018, Mei 7). Media Sosial, Pilkada Serentak dan Pemilu 2019. Retrieved Februari 4, 2019, from The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research.: https://www.theindonesianistitute.com/

Rosana, E. (2016). Negara Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jurnal TAPIs Vol.12 No.1 Januari-Juni 2016, 38-53.

Rosayunita. (2012, November 2). Demokrasi Dalam Pemilu di Indonesia. Retrieved Februari 4, 2019, from A great WordPress.com site: https://rosayunita.wordpress.com

Siagian, H. F. (2015). Pengaruh dan Efektifitas Penggunaan Media Sosial . Jurnal Al-Khitabah, 17-26.

https://www.digital-activism.org/peran-media-sosial-terhadap-dunia-politik/

http://www.unesco.org/new/en/education/themes/education-building-blocks/literacy/

http://www.unesco.org/education/GMR2006/full/chapt6_eng.pdf

https://www.edc.org/newsroom/articles/what_literacy

http://ezinearticles.com/?The-Need-For-Literacy&id=6945882




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.932

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.932.g837

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â