DINAMIKA POLITIK DALAM PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN DI INDONESIA

Winda Marliani, Siti Nurhalimah

Abstract


Negara Indonesia merupakan suatu negara yang telah lama merdeka yang dapat mempertahankan kemerdekaannya hingga saat ini. Berdasarkan sejarah kemerdekaan negara Indonesia, tentu tidak terlepas dari adanya berbagai unsur politik di dalamnya. Negara Indonesia sudah beberapa kali dipimpin oleh berbagai aktor pemimpin dengan latar belakang yang berbeda, dari mulai orang sipil sampai dengan orang militer. Setiap pemimpin yang menjalankan pemerintahannya memiliki berbagai karakteristik yang berbeda dalam hal kepemimpinan maupun dalam menjalankan pemerintahannya. Oleh karena itu, dinamika politik di Indonesia yang telah dilaksanakan dari berbagai fase, mulai dari masa orde lama, orde baru, dan masa reformasi sampai saat ini memiliki strategi dan karakter masing-masing dalam pemerintahannya dengan cara dan kekuasaanya dalam memimpin negara Indonesia dari masa ke masa. Kehidupan dinamika politik tersebut dilakukan dengan harapan dapat mewujudkan pemerintahan ke arah yang lebih baik (good goverment).

Kata Kunci : Kepemimpinan, Dinamika Politik, Good Goverment.


Full Text:

PDF

References


Kartono, Kartini. 2009. Pendidikan Politik (Sebagai Bagian Dari Pendidikan Orang Dewasa). Bandung: Mandar Maju.

Budiardjo Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

MD Mahfud, Moh. 1998. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Affandi, Idrus. 2011. Pendidikan Politik (Mengefektifkan Organisasi Pemuda Melaksanakan Politik Pancasila dan UUD 1945). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gatara, Said dan Said, Dzulkiah. 2011. Sosiologi Politik (Konsep dan Dinamika Perkembangan Kajian). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Siswanto. 2017. Jurnal Penelitian Politik Transformasi Identitas Keindonesiaan (Transformasi Pancasila Dan Identitas Keindonesiaan Vol. 14, No. 1, Juni 2017). Jakarta: LIPI.

Suwirta, Andi dan Hermawan, Candra Iyep. 2012. Atikan Jurnal Kajian Pendidikan (Masalah Karakter Bangsa dan Figur Kepemimpinan di Indonesia Perspektif Sejarah, Vol. (2) 1 2012). Bandung: Minda Masagi Press.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.931

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.931.g835

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â