DINAMIKA KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILU MENJELANG (PILPRES) TAHUN 2019

siti rohmah

Abstract


Pada pemilihan umum berbagai hal mengenai politik selalu menarik perhatian untuk di analisa atau sekedar di perbincangkan secara garis besar salah satu hal yang menarik untuk di analisa yakni komunikasi politik. Bagaimana cara para tokoh politik, pemerintah dan masyarakat memandang politik itu merupakan komunikasi politik, terlebih saat ini gaya komunikasi politik yang ada dilakukan melalui berbagai cara salah satunya komunikasi politik yang dilakukan melalui media massa. Cara komunikasi politik yang dilakukan oleh setiap partai politik pun cakupannya menjadi lebih luas mengingat cara berkomunikasi sekarang tidak hanya dilakukan secara langsung melainkan dapat pula dilakukan melalui media online seperti instagram, twitter, youtube, whatsapp ataupun facebook. Gaya berkomunikasi melalui media online berbeda dengan gaya komunikasi langsung. Masyarakat dalam media online di juluki debagai netizen yang merupakan singkatan dari internet dan citizen, gaya komunikasi politik di media online cukup pesat kemajuanya. Menjelang pemilihan presiden bentuk komunikasi politik dilakukan dalam bentuk retorika, pidato dan penyampaian pesan-pesan politik seperti halnya kampanye di ruang publik maupun dalam kelompok kecil yang terjadi di Indonesia, dapat diamati melalui berbagai aspek yang melekat dalam komunikasi politik.

Kata Kunci : (Komunikasi Politik, Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden, Media Massa)


Full Text:

PDF

References


Nimmo, D. (2007). Political communication and public opinion in America,atau komunikasi politik: komunikator, pesan dan media, Cetakan kedua, terjemahan Tjun Surjaman, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rauf, Muswadi. (1993). Indonesia dan komunikasi politik, Jakarta : PT Gramedia Pusaka Utama

Susanto, Eko Harry. (2013). Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, vol.1 Nomor 2

Putri, Eka Rosiana. (2015) Komunikasi Politik (Model Komunikasi Politik Antar Fraksi Dalam Pembentukan Norma UU Pilkada Secara Demokratis), vol.5 Nomor 1




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.930

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.930.g841

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â