EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBINAAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru dalam merubah tingkah laku siswa. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sosial siswa. Berdasarkan tuntutan kurikulum PPKn Tahun 2013 pembelajaran harus efektif. Kenyataan lapangan berdasarkan studi pendahuluan ternyata belum sepenuhnya efektif. Hal tersebut karena: 1) Siswa belum sepenuhnya memahami dan bisa menerapkan yang sudah dipelajari. 2) Siswa belum bersikap disiplin dan bersikap toleransi. Oleh sebab itu, peneliti dalam rangka penulisan Skripsi ini menelitinya. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data mengunakan angket, wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di SMA Plus Al-Ittihad Cianjur. Populasi terdiri atas 624 siswa kelas X dan kelas XI serta satu orang guru mata pelajaran PPKn. Sampel siswa ditarik secara acak, yakni sebanyak 93 siswa (15% dari populasi) dan sampel guru ditarik secara utuh (total sampel). Berdasarkan deskripsi data, penafsiran dan pembahasan, penulis menarik kesimpulan yaitu: 1) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan sikap sosial siswa terlihat pada kegiatan siswa sehari-hari di lingkungan sekolah maupun di dalam kelas. 2) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mampu meningkatkan sikap sosial siswa, di mana peningkatan itu terkait dengan keberhasilan meningkatkan pengetahuan sosial mereka. Disamping itu, ternyata sikap sosial dasar bagi kemunculan perbuatan sosial.
Â
Full Text:
PDFReferences
Danial, E. & Djuherman. 2013.
Perkembangan Kurikulum.
Universitas Suryakancana
Cianjur.
Darajat, Zakiah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
Bumi Aksa.
Gerungan, A, W. (1991). Psikologi Sosial. Bandung : PT Eresco
Kusumaningtyas, Lydia. (2012). Membentuk Sikap Sosial Anak TK Melalui Permainan Kelompok. Jurnal Ilmiah Widya Wacana, (online), 8
(1):99,
htttp://www.ejurnal.unisri.ac
.id diakses 1 Januari 2012.
Partini, Siti. (1973). Psikologi Sosial. Study Yogyakarta
Purwanting, I. T. (2012). Efektivitas
Pembelajaran
Kewarganegaraan Sebagai
Usaha Penanaman Nilai
Dan Norma Pada Siswa Di
SMK Wasis Jogonalan
Klaten Tahun 2007-2009
(Skripsi). Surakarta :
Universitas Sebelas Maret.
Sarwono. W. S. & Meinarno. A. E.
(2011). Psikologi Sosial.
Jakarta : Salemba
Humanika.
Sedarmayanti. (2009). Sumberdaya
Manusia dan Produktivitas
Kerja. Bandung: Mandar
Maju.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan
Makna Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta. Aksara.
Undan-Undang No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Walgito, Bimo. (2003). Psikologi
Sosial Suatu Pengantar.
Yogyakarta : Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.862
DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.862.g691
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :
Â