EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBINAAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR

Sri Yanyan Mulyani, Yahya Mulyadi

Abstract


Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru dalam merubah tingkah laku siswa. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sosial siswa. Berdasarkan tuntutan kurikulum PPKn Tahun 2013 pembelajaran harus efektif. Kenyataan lapangan berdasarkan studi pendahuluan ternyata belum sepenuhnya efektif. Hal tersebut karena: 1) Siswa belum sepenuhnya memahami dan bisa menerapkan yang sudah dipelajari. 2) Siswa belum bersikap disiplin dan bersikap toleransi. Oleh sebab itu, peneliti dalam rangka penulisan Skripsi ini menelitinya. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data mengunakan angket, wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di SMA Plus Al-Ittihad Cianjur. Populasi terdiri atas 624 siswa kelas X dan kelas XI serta satu orang guru mata pelajaran PPKn. Sampel siswa ditarik secara acak, yakni sebanyak 93 siswa (15% dari populasi) dan sampel guru ditarik secara utuh (total sampel). Berdasarkan deskripsi data, penafsiran dan pembahasan, penulis menarik kesimpulan yaitu: 1) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan sikap sosial siswa terlihat pada kegiatan siswa sehari-hari di lingkungan sekolah maupun di dalam kelas. 2) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mampu meningkatkan sikap sosial siswa, di mana peningkatan itu terkait dengan keberhasilan meningkatkan pengetahuan sosial mereka. Disamping itu, ternyata sikap sosial dasar bagi kemunculan perbuatan sosial.

 


Full Text:

PDF

References


Danial, E. & Djuherman. 2013.

Perkembangan Kurikulum.

Universitas Suryakancana

Cianjur.

Darajat, Zakiah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:

Bumi Aksa.

Gerungan, A, W. (1991). Psikologi Sosial. Bandung : PT Eresco

Kusumaningtyas, Lydia. (2012). Membentuk Sikap Sosial Anak TK Melalui Permainan Kelompok. Jurnal Ilmiah Widya Wacana, (online), 8

(1):99,

htttp://www.ejurnal.unisri.ac

.id diakses 1 Januari 2012.

Partini, Siti. (1973). Psikologi Sosial. Study Yogyakarta

Purwanting, I. T. (2012). Efektivitas

Pembelajaran

Kewarganegaraan Sebagai

Usaha Penanaman Nilai

Dan Norma Pada Siswa Di

SMK Wasis Jogonalan

Klaten Tahun 2007-2009

(Skripsi). Surakarta :

Universitas Sebelas Maret.

Sarwono. W. S. & Meinarno. A. E.

(2011). Psikologi Sosial.

Jakarta : Salemba

Humanika.

Sedarmayanti. (2009). Sumberdaya

Manusia dan Produktivitas

Kerja. Bandung: Mandar

Maju.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan

Makna Pembelajaran.

Bandung: Alfabeta. Aksara.

Undan-Undang No. 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Walgito, Bimo. (2003). Psikologi

Sosial Suatu Pengantar.

Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.862

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.862.g691

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â