PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 CILAKU CIANJUR

dianita rahayu

Abstract


Pendidikan merupakan wahana dalam meningkatkan taraf hidup manusia. Hal ini sangat penting terhadap kemajuan bangsa dan negara. Dalam pendidikan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah kepiawaian guru dalam memberikan pengajaran. Artinya guru dituntut untuk dapat merekayasa cara penyampaian materi pembelajaran, karena pada kenyataannya siswa merasa kurang tertarik dalam pembelajaran apabila kepiawaian guru dalam memberikan materi kurang kreatif. Maka timbul sebuah kekhwatiran akan terjadinya hal tersebut terhadap peningkatan minat belajar siswa. Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE

 

PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 CILAKU CIANJURâ€. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 139 siswa kelas XI IPS dan 3 orang guru PPKn. Sampel siswa diambil 25% dari populasi yakni 34 siswa secara random. Sampel guru diambil 1 guru dari 3 guru PPKn yakni guru PPKn kelas XI IPS. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data maka kesimpulan penulis yaitu metode Role Playing juga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode Role Playing mampu membuat siswa merasa senang dan aktif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2009). Belajar dan

Pembelajaran. Bandung:

Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010)

Psikologi Belajar. Jakarta: PT

Rineka Cipta

_______________. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

_______________. dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dahlan MD. (1990). Model-Model

Mengajar. Bandung: CV

Diponegoro

Djahiri, A.Kosasih. (1986).

Landasan Operasional

Kurikulum PPKn.

Bandung: Lab PMP IKIP

Bandung

Sugihartono. (2007). Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta:

UNY

Surya, Moh. (1981). Pengantar

Psikologi Pendidikan:

Bandung Lautan Api

Resmawati, Mella. (2013). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa

Dalam Pembelajaran

PPKn. Skripsi Sarjana Pendidikan pada FKIP Unsur Cianjur: Tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.572

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.572.g510

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â