PERANAN PENDIDIKAN KEWARGAENGERAAN DALAM MENUMBUHKAN MORALITAS SISWA UNTUK MENCEGAH KONFLIK ANTAR SISWA DI SMA PASUNDAN CIKALONGKULON

Dina Indriyani, Lukita Dewi, Sumarna Sumarna

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang dapat membentuk warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Pendidikan kewarganegaraan berhubungan erat dengan moralitas siswa dimana tugas pendidikan kewarganegaan yaitu salah satunya untuk menumbuhkan moralitas peserta didik agar memiliki moral yang baik. Sehingga tindakan yang dilakukan oleh peserta didik yang akan menimbulkan konflik dapat dihindari sedini mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan jawaban atas masalah yang telah dirumuskan yakni ingin mengetahui bagaimana peranan pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan moralitas siswa untuk mencegah konflik antar siswa di SMA Pasundan Cikalongkulon. Berdasarkan hasil penelitain, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan moralitas untuk mencegah konflik antar siswa memberikan dampak positif bagi siswa, yaitu siswa memilki pemahaman tentang nilai-nilai moral sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan sesama siswa hal tersebut dapat memperkuat hubungan positif di anatara siswa.
Kata kunci : moralitas, pendidikan kewarganegaraan, mencegah konflik

Full Text:

PDF

References


Daryono, M. dkk. (2011). Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hermawan, Iyep Candra. (2020). Dinamika Pendidikan Politik & Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan. Cianjur: CV. Mulya Bookstore.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi keempat. 2008. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Monteiro, Josef M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan: Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa. Yogyakarta: CV Budi utama.

Rois, Munawar. (2018). Manajemen Pendidikan: Mental dan Karakter di Sekolah. Bandung: Eksismedia Grafisindo.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, M.S. (2013) Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudarsono, Dras. Kenakalan Remaja: prevensi, Rehabilitasi dan Resosialisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutarjo Adisusilo, J.R. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktuvisme dan Vct sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setiawan, Marwan. (2015). Karakteristik Kriminalitas Anak & Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Thomas, lickona. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Ujung Berung, Bandung: Nusa Media

Wibowo, Agus dan Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan lokal di sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaidi, Achmad dan Kaelan. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4512

Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan indexed and suported by:

/