Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

linda anggraeni

Abstract


Pendidikan kewarganegaraan merupakan system pendidikan nasional. Untuk membentuk generasi penerus bangsa yang Cerdas, kreatif, inovatif serta mempunyai nilai moral yang tinggi, sehingga pendidikan kewarganegaraan menjadi pendidikan yang membentuk karakter bangsa. pengaruh dari nilai-nilai pendidikan kewaranegaraan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa untuk menciptakan generasi yang unggul dan mampu mengahadapi perubahan-perubahan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang, oleh karena itu dengan adanya pendidikan kewarganegraan dan pendidikan karakter untuk memebntuk generasi penerus bangsa yang dapat berpikir kritis serta memepunyai rasa tanggug jawab sebagai warga negara yang baik. penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai sumber lalu dituangkan dengan pemikiran kita sendiri untuk menulis artikel ini. Hasil dari mengkaji dari berbagai sumber yang didapatkan yaitu, dengan adanya artikel pengaruh nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa ini agar masyarakat Indonesia memiliki rasa tanggung jawab akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, sehingga tercipta nya warga negara yang baik dan berkarakter.

References


Anatasya, E., Dewi, D. A., Indonesia, U. P., & Kunci, K. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. 9(2), 291–304.

Cibeber, S. M. P. N. (2023). 1 , 2 , 3. 13(2).

Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 01(03), 146–155.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Juliardi, B. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. 119–126.

Khairunisa, W. (2023). Volume : 9 Bulan : Februari Tahun : 2023 Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21 Volume : 9 Nomor : 1 Bulan : Februari Tahun : 2023. 35–42. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1209

Natalia, L., & Saingo, Y. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. 1(10), 266–272.

Omeri, N. (n.d.). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan.

Otniel Nasozaro, H. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Warta Edisi : 62, 24–33.

Pancasila, N. (n.d.). PENGARUH PEMAHAMAN IDEOLOGI PANCASILA TERHADAP SIKAP MORAL DALAM MENGAMALKAN NILAI-NILAI PANCASILA (Ayu Hanita Faradila, Holilulloh, M. Mona Adha).

Pendidikan, P., & Untuk, K. (2021). MEMBANGUN KARAKTER BANGSA Muhamad Fikri Zulfikar , Dinie Anggraeni Dewi. 6(1), 104–115.

Ponorogo, I. (2020). Rulam Ahmadi, Pengantar Pendidikan ; Asas Pendidikan dan Filsafat (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015), 208. 1(1), 74–81.

Rifki, A. W. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 46–51. https://doi.org/10.56393/didactica.v2i2.1148

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Indonesia, U. P. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. 5, 9201–9207.

Suargana, L., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Wawasan Kebangsaan Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 49–58. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5584

Sukmawati, W. S., Nusaputra, U., Widyatama, U., Zakaria, N., & Kapuas, U. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN. 2(2), 250–258.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4102

Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan indexed and suported by:

/