IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUTHMAINNAH CIANJUR

Sopiah Sopiah, Dina Indriyani

Abstract


Abstrak
Sebagai suatu miniatur kehidupan masyarakat yang memiliki paham dan ajaran islam, pondok pesantren Al-Muthmainnah harus mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari agar dapat tercermin identitas santri sebagai manusia yang beragama sekaligus sebagai warga negara yang baik (good citizen). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari santri di pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling serta pencarian data yang didasarkan pada observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kesimpulannya pondok pesantren Al-Muthmainnah Cianjur telah mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Pengamalan dan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang dicerminkan santri pondok pesantren Al-Muthmainnah merupakan sublimasi dari kepribadian, habit, culture dan nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah. Dan perilaku santri sebagai wujud dari nilai ajar di pondok pesantren Al-Muthmainnah berdasarkan pedoman Pancasila menjadi bukti bahwa Pancasila sebagai kristalisasi dari ajaran agama islam.
Kata kunci : nilai-nilai pancasila, pondok pesantren, kehidupan sehari-hari, santri

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Furqon. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren Dan Upaya Pembenahannya. Padang : UNP Press.

Djamal. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Mitra Pustaka.

Dwiyanto, D & Saksono, G. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Negara Pancasila : Agama Atau Sekuler, Sosialis Atau Kapitalis. Yogyakarta : Ampera Utama.

Hendri, dkk. 2018. Penanaman Nilai Pancasila Pada Kehidupan Santri Pondok Pesantren. Bandung : Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaran, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 15. No. 2 Tahun 2018 hal. 103-110. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Kaderi, Alwi. (2015). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila (pendidikan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila , rasa kebangsaan dan cinta tanah air). Yogyakarta : paradigma.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Purnomo, Hadi. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta : bildung Pustaka utama (CV. Bildung Nusaantra). Cetakan ke-1.

Rahayu, Ani Sri. (2017). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PT. Bumi Aksara : Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta : Bandung. Cetakan Ke-19.

Sulasmono , Bambang. Suteng. 2015 . Dasar Negara Pancasila. Sleman : PT Kanisius.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4053

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4053.g2918

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â