IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMPERKOKOH TINGKAH LAKU PESERTA DIDIK DI MA SWASTA MUSLIMIN CIKONDANG KECAMATAN BOJONGPICUNG KABUPATEN CIANJUR

Lusyeu Agsy Lukman

Abstract


ABSTRAK
Pendidikan karakter adalah segala upaya untuk mengarahkan, mendidik dan memupuk nilai-nilai yang baik untuk membentuk individu-individu yang baik, bijaksana sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat secara luas. Namun saat ini masih banyak peserta didik yang belum memperkokoh tingkah lakunya di sekolah, maka untuk mengatasi peserta didik yang belum memperkokoh tingkah lakunya di sekolah perlu dilaksanakan dan diberlakukan pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur?. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui implementasi pendidikan karakter dalan memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman bahwa pendidikan karakter sangatlah penting diimplementasikan oleh peserta didik agar dapat memperkokoh tingkah lakunya di sekolah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa ; implementasi pendidikan karakter dapat memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, pengimplementasian pendidikan karakter mampu memperkokoh tingkah laku peserta didik di MA Swasta Muslimin Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, dan guru sebagai pendidik di sekolah dapat memberikan pemahaman dan arahan tentang pendidikan karakter dalam memperkokoh tingkah laku peserta didik di sekolah.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Tingkah Laku, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Ahsanulhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Antari, L. P. S., & Liska, L. De. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Hasmalawati, N. (2017). Pengaruh Citra Tubuh Dan Perilaku Makan Terhadap Penerimaan Diri Pada Wanita. Jurnal Psikoislamedia, 2(2), 107–115.

Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter.

Nadwa: Jurnal Pendidikan IslamJurnal Pendidikan Islam, 6(2), 176.

Mustoip, S., Japar, M., & Ms, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. In Lutfiah & Setyaningrum (Eds.), A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano (1st ed.). CV. Jakad.

Syafrizal. (2023). Penegakan Disiplin Guru Piaud Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Tarbiyatul Aulad, 9(01), 125–14




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4052

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4052.g2917

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â