PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN PENGURUS DI SMPN 1 CAMPAKA

Siti Tarwiyah Reska Nugraha

Abstract


ABSTRAK
Kedisiplinan merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Namun saat ini kedisiplinan peserta didik kurang, masih banyak pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah. Untuk menciptakan ketertiban di lingkungan sekolah maka sudah seharusnya dilakukan pembinaan terhadap peserta didik, pembinaan tersebut dapat dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan, salah satunya yaitu melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap peningkatan kedisiplinan pengurus di SMPN 1 Campaka. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Populasi penelitian yang dijadikan subjek penelitian yaitu keseluruhan pengurus OSIS SMPN 1 Campaka yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berpengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan pengurus di SMPN 1 Campaka.

Kata Kunci : Kegiatan OSIS, Peningkatan Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akmaluddin, and Boy Haqiqi. 2019. “Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Sd ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi K Kasus).” Jurnal of Education Science (JES) 5(2): 1–12. file:///C:/Users/7/Downloads/467-554-1-SM.pdf.

Apriyanti, Masayu Endang, and Syahid Syahid. 2021. “Peran Manajemen Waktu Dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9(1): 68–76.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Sakti Membangun Organisasi Sekolah. Wonokerto.

Hasan, S. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Materi Disajikan Sebagai Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas.

Hertanti, Siti, Irfan Nursetiawan, R. Rindu Garvera, and Asep Nurwanda. 2019. “Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran.” Jurnal MODERAT 5(3): 305–15.

Hidayat, Ade, Ilfiandra, and Sunaryo Kartadinata. 2007. “MENTALITAS DAMAI SISWA DAN PERATURAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN.” 1(2004): 2234–39.

IPOSISTAS. 2018. Buku Panduan Pelaksanaan OSIS.

Joko, Tri. 2018. “Implementasi Manajemen Organisasi Siswa Intra Sekolah Sebagai Strategi Dalam Pengembangan Kepemimpinan Siswa Smp Negeri 2 Sukadana.” Jurnal Lentera Pusat LPPM UM Metro 3(1): 71–86.

Komalasari, Kokom, and Didin Saripudin. 2017. Pendidikan Karakter (Konsep Dan Aplikasi Living Values Education). Kesatu. ed. Sapriya. Bandung: PT Refika Aditama.

Meutia, Intan, Mulkan Mulyadi, and Kurnisar. 2016. “Pengaruh Kegiatan Anggota Pengurus OSIS Terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di SMA NEGERI 10 PALEMBANG.” Bhinneka Tunggal Ika 3(1): 65–70.

Muhtadi, Ali. 2011. “Pengembangan Sikap Dan Perilaku Siswa Yang Bermoral Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 7(1): 96–107.

Munib, A. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes.

Ode, Sismono La, Diana Widiningsih, and Muhammad Kusna Arief Setaiawan. 2020. Osis Sebagai Wadah Siswa Penggerak.

Rusyan, A Tabrani. 2003. Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta Timur: PT Inimedia Ciptanusantara.

Sabir, Satriani, and Sufia Azizah Fitri. 2021. “Peran Masyarakat Dalam Mewujudkan Program Kegiatan Humas Di SD Inpres 4/82 Lamurukung.” Jurnal Mappesona 4(3): 126–38.

Sari, yuke maduratna. 2017. “SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA Yuke Maduratna Sari Sarmini Abstrak.” 05: 516–30.

Sugiarto, Ahmad Pujo, Tri Suyati, and Padmi Dhyah Yulianti. 2019. “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes.” Mimbar Ilmu 24(2): 232.

Toni, Indra Anggrio, and Nani Mediatati. 2019. “Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Satya Widya XXXV: 54–61.

Yaumi. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zuchdi, D, and Sismono La Ode. 2013. Pendidikan Karakter Konsep Dasar Dan Implementasi Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.

Yaumi. 2016. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4051

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4051.g2915

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â