KAJIAN PERANAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

Euis Sulastri

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan manusia yang memiliki sumber daya yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran. Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran berbagai upaya dilakukan oleh sekolah, di antaranya menerapkan pembelajaran aktif agar siswa berprestasi. Dalam belajar siswa akan berhasil apabila dalam dirinya terdapat kemauan atau keinginan yang mendorong belajar, karena dengan adanya motivasi belajar maka siswa akan tergerak, terarahkan sikap dan perilakunya untuk belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMP IT Nurul Hidayah Ciranjang, diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Akibatnya, hasil belajar yang diraihnya menjadi tidak memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian menggunakan metode studi literatur dengan teknik penelitian studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian berdasarkan deskripsi data, penafsiran data dan pembahasan, maka kesimpulan penulis adalah motivasi berperan sangat penting sebagai faktor yang banyak berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pelajaran PPKn

References


DAFTAR PUSTAKA

Adiana, F. (2015). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Group Investigation Di Kelas X RPL 1 SMKN 1 Sukoharjo Wonosobo. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Arifin, Zainal. (1991). Fungsi prestasi belajar. [online]. Diakses dari https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/04/21/prestasi-belajar/

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2001). Jakarta: Depdiknas.

Nashar. (2004). Peran Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Uno, Hamzah. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4050

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/jpphk.v14i1.4050.g2914

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â