PERANAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NURUL ISLAM CIANJUR
Abstract
Abstrak
Â
Pendidikan kewarganegaraan (PKn) sebagai suatu mata pelajaran di persekolahan, hingga saat ini masih terkesan sebagai mata pelajaran yang tidak menarik, membosankan, serta rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena masih banyak guru PKn yang tidak menggunakan multimedia berbasis komputer yang menarik dan bervariatif dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang meningkatnya prestasi belajar dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam mengatasi permasalahan pada pembelajaran PKn yaitu dengan menerapkan multimedia berbasis komputer khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian yang dirumuskan yaitu “bagaimana peranan multimedia berbasis komputer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMK NURUL ISLAM Cianjur?â€. Tujuan yang akan dicapai yaitu ingin mengetahui peranan multimedia berbasis komputer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMK NURUL ISLAM Cianjur, faktor penghambat bagi seorang guru PKn dalam penerapan multimedia berbasis komputer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMK NURUL ISLAM Cianjur, upaya-upaya untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan multimedia berbasis komputer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X di SMK NURUL ISLAM Cianjur.
Subjek yang dijadikan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK NURUL ISLAM Cianjur. Penelitian ini menggunakan sampel total dengan mengambil sebanyak 58 orang siswa kelas X di SMK NURULÂ ISLAM Cianjur yang ditambah satu orang guru PKn. Metode yang digunakan yaitu deskriptif, sedangkan tekniknya yaitu angket, wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu: 1. Guru PKn kelas X SMK NURUL ISLAM Cianjur telah menggunakan mutlimedia berbasis komputer dalam pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. 2. Faktor penghambat dalam penerapan multimedia berbasis komputer yaitu: faktor keterbatasan media disekolah, guru kurang kreatif, dan siswa tidak kreatif, pelajaran PKn yang membosankan. 3. Upaya-upaya untuk mengatasi faktor penghambat dalam penerapan multimedia berbasis komputer yaitu: sekolah memberikan fasilitas yang memadai, guru diarahkan untuk kreatif menerapkan multimedia berbasis komputer pada materi pembelajaran, siswa dibimbing agar kreatif pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Â
Kata kunci: Multimedia berbasis komputer, Prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Budimansyah, Dasim. 2012. Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya aksara Press.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Model Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djahiri, A. Kosasih. 1989. Teknik Pengembangn Program Pengajaran Nilai Moral. Bandung: Lab.PPMP IKIP.
Djahiri, A. Kosasih. 1996 . Esensi Nilai-Moral Dalam Persekolahan Khususnya PIPS dan PPKN. Bandung: Lab.PPMP IKIP
Djahiri, A. Kosasih. 2004. Membina Dan Meningkatkan Propesionalisme Tugas-Peran Pendidik. Bandung: LAB. PMPKN FPIPS UPI BANDUNG.
Djahiri, A. Kosasih. 2005. Kapita Selekta PBM PKNH & KUR KBK PKN 2004. Bandung: LAB. PMPKN FPIPS UPI BANDUNG.
Djahiri, Kosasih. 2007. Kapita Selekta Pembelajaran. Bandung: LAB. PMPKN FPIPS UPI BANDUNG.
Fajar, Arnie. 2004. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung : PT Refika Aditama.
Harini, Asih Widi. 2011. Efective & Powerful Presentation with Power Point 2010. Yogyakarta: ANDI.
Munir. 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pasaribu, I. L. dan B. Simandjuntak. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Purnomo, Catur Hadi. 2011. Pandauan Otodidak Microsoft Office Power Point 2010. Jakarta: Mediakita.
Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Surabaya: Proyek Peningkatan Mutu Guru Jawa Timur
Raharja, Tegu Satria. 2009. Skripsi Pemanfaatan Berbagai Media untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Kelas X SMA 1 Cilaku-Cianjur. Cianjur: FKIP UNSUR.
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja rosdakarya.
Subana. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana dan Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sunarto. 2012. Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/ [1 April 2012]
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kloang Klede Putra Timur
Verawati, Erhans. 2008. Microsoft Power Point 2007. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.
DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.394
DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.394.g297
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :
Â