PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

yahya mulyadi

Abstract


ABSTRAK

PKn berdasarkan KTSP 2006 mengalami perubahan berdasarkan Kurikulum  2013 menjadi PPKn.  PPKn berbasis karakter, menanamkan pengetahuan-keilmuan PKn; nilai-nilai luhur bangsa Indonesia; dan nilai-nilai kewargaan dunia, mengantarkan siswa untuk menjadi warga negara Indonesia  dan warga dunia yang baik. Dalam membina karakter siswa mata pelajaran lain pun bertanggung jawab secara proporsional, demikian pula pihak lain di sekolah, bahkan pihak luar sekolah juga punya tanggung jawab.

Pemberlakuan Kurikulum 2013 menuntut guru PPKn untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, yang menempuh proses mengamati; menanya; mengolah/menalar; menyimpulkan; dan menyajikan/mengkomunikasikan, serta mengunakan berbagai model pembelajaran yang dapat membuat siswa belajar aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan. Selain itu, siswa belajar tidak hanya di ruang kelas tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat.  Guru PPKn bukan satu-satunya sumber belajar, dan sikap-perbuatan tidak hanya diajarkan secara verbal tetapi melalui contoh dan teladan.

Full Text:

PDF

References


Budimansyah, Dasim dan Syaifullah Syam. 2006. Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn FPIPS-UPI.

Budimansyah, Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara.

Djahiri, A. Kosasih. 1985. Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral-VCT dan Games dalam VCT. Bandung: PMPKn FPIPS IKIP.

Kemendikbud. 2013. Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.

------------ 2013. Elemen Perubahan Kurikulum 2013.

Maftuh, Bunyamin. 2014. Implementasi Pembelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013. Cianjur: FKIP Universitas Suryakancana.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanusi, Achmad. 2015. Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wahab, Abdul Azis dan Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, Udin S. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar, dan Kultur Kelas. Bandung:PKn Pascasarjana UPI.

----------- 2014. Memantapkan Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Kebangsaan. PPs UT dan SPs UPI.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.390

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.390.g293

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â