MENGGALI NILAI-NILAI DEMOKRASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUNDA SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH

iyep candra hermawan

Abstract


Abstrak

 

Nilai-nilai demokrasi (democracy values) adalah nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh semua bangsa di dunia. Diantaranya nilai kebebasan, keterbukaan, persamaan, keadilan, dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut merupakan bagian penting baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Suatu negara dipandang demokratis apabila menjunjung tinggi dan menegakkan nilai-nilai demokrasi tersebut. Dikaitkan dengan kearifan lokal ternyata nilai-nilai demokrasi itu telah menjadi prinsip hidup dalam kearifan budaya Sunda. Sikap dan perilaku dalam budaya Sunda yang tentu kukuh pengkuh (berpegang teguh) pada landasan adat istiadat Sunda. Seperti ditegaskan dalam ungkapan “kudu nyanghulu ka hukum, nunjang ka nagara, mupakat ka balareaâ€. Hal ini sejalan dengan prinsip demokrasi yang dinyatakan oleh International Commission of Jurists tentang ciri pemerintahan demokratis berdasarkan rule of law, maupun yang telah banyak digagas oleh pakar hukum kenegaraan. Menggali nilai-nilai demokrasi dalam kearifan budaya lokal Sunda dapat menjadi pengembangan materi ajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah.

 

 

Kata Kunci: nilai demokrasi, kearifan lokal, pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia

Fachruddin, Fuad. 2006. Agama dan Pendidikan Demokrasi. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Fatah, Eep Saefulloh. 1994. Masalah dan Prospek Demokrasi di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fatah, Eep Saefulloh. 2000. Pengkhianatan Demokrasi Ala Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ketchum, Richard M. 2004. Demokrasi, Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Niagara.

Kusumohamidjojo, Budiono. 2000. Kebhinnekaan Masyarakat di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Luddin, Muchlis R. 2005. No Choices but Education, Pendidikan Sebagai Pendorong Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Mural.

Lutan, Rusli. 2001. Keniscayaan Pluralitas Budaya Daerah. Bandung: Angkasa.

Mahasin, Aswab. 2000. Menyemai Kultur Demokrasi. Jakarta: LP3ES.

Rahyono, F. X. 2009. Kearifan Budaya Dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Rosidi, Ajip. 2011. Kearifan Lokal. Bandung: Kiblat

Rosidi, Ajip. 2004. Masa Depan Budaya Daerah. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ruhaliah (editor). 2015. Pendidikan Karakter dalam Budaya Sunda dan Jepang: Sebuah Kajian Perbandingan. Bandung: UPI bekerja sama dengan Nanzan University.

Rusyana, Yus. 2011. Menjadi Pribadi Mulia melalui Pendidikan Bahasa. Makalah. Bandung: Program Studi Linguistik & Program Studi Bahasa Indonesia-SPS-UPI.

Sudaryat, Yayat. 2015. Wawasan Kesundaan. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa daerah, FPBS, UPI.

Suryani NS, Elis. 2011. Ragam Pesona Budaya Sunda. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zamroni. 2003. Pendidikan Untuk Demokrasi. Yogyakarta: Bigraf Publishing.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.389

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v7i1.389.g292

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â