PARTISIPASI POLITIK SISWA DALAM MEMBANGUN GENERASI YANG PEDULI DENGAN DEMOKRASI

Dera Ananda Oktaviana

Abstract


Artikel ini membahas mengenai partisipasi politik memiliki peran penting dalam membangun generasi yang peduli dengan demokrasi. Melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan politik, siswa dapat mengembangkan kesadaran politik, pengetahuan konstitusi, dan pemahaman tentang hak dan tanggung jawab. Pemberian pembelajaran demokrasi yang efektif mendorong siswa untuk menjadi warga negara yang aktif ,membantu mereka memahami pentingnya kebebasan berpendapat dan pengambilan keputusan yang baik. partisipasi politik siswa tidak hanya terbatas pada pemilihan siswa di sekolah tetapi ada juga kegiatan diskusi politik yang dimana siswa belajar untuk berpikir kritis dan dapat berkolaborasi dengan secara siswa untuk mengatasi isu-isu politik yang relevan dengan kehidupan mereka. Melalui pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang berorientasi pada partisipasi politik, siswa merupakan suatu pendekatan yang penting dan strategis dalam membangun generai yang peduli dengan demokrasi. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses politik memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan tanggung jawab sebagai warga negara.


Full Text:

PDF

References


Arniti ketut. (2020). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.2;4(2):348-349. doi://doi.org/10.38043/jids.v4i2.2496

Efendi, I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Wahana Pengembangan Kompetensi Warganegara Dalam Pengenalan Partisipasi Politik siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 149-162. http://Doi.org/10.30997/dt.v7i2.2635

Rahman, I . N. (2016). Pengaruh civic literacy dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap partisipasi politik siswa. Untirta Civic Education Journal, 1 (1). http://dx.doi.org/10.30870/ucej.vlil.1884

Rahman Asmika, suharno. Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2019;4(2): 282-290. doi: http://dx.doi.org/10.17977/umo19v4i2p

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melaui Pembelajaran Pendidikan Pncasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkn Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 282-290. http://dx.doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290

Surbakti, Ramlan. 2007. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.

Muazzanah, I., E (2019). Pendidikan kewarganegaraan: Wahana Pengembangan Kopentensi Warga negara Dalam Pengenalan Partisipasi Politik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2(4), 149-160. Doi: 10.30997/dt.v7i2.2635

Budiardj, M. (1994). Demokrasi di Indonesia demokrasi parlementer dan demokrasi pancasila. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 330. https://opic.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=568821

Gatara, A. S., & Said, M. D. (2011). Sosiologi Politik. Bandung: Pustaka Setia. http://katalog.pustaka.unand.ac.id//index.php?p=show_detail&id=107724




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3340

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3340.g2542

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â