PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CIRANJANG

Aulia Faris Humam

Abstract


Internet merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sangat luas dan besar mendunia, yakni bisa menghubungkan perangkat komputer ke seluruh dunia. Sedangkan motivasi belajar motivasi merupakan usaha yang timbul dari dorongan-dorongan positif untuk belajar dalam proses merubah tingkah laku. Adapun yang melatarbelakangi didasarkan pada pengamatan yang dilakukan di SMAN 1 Ciranjang, sekolah ini merupakan sekolah yang didukung oleh fasilitas yang cukup, seperti adanya pemasangan wifi disetiap kelas atau ruangan, sehingga para siswa bisa mengakses internet dengan mudah dan pembelajaran berlangsung saat berada di lingkungan sekolah. Hal ini juga terjadi dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilaksanakan pada seluruh jenjang kelas X, XI, dan XII. Dimana pada pembelajaran PPKn ini menggunakan internet sebagai media pembelajaran untuk mengakses informasi sebagai sumber belajar siswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif karena metode ini menitikberatkan pada proses penyusunan dan pengumpulan data, analisis, dan interpretasi data, serta memusatkan diri pada pemecahan masalah yang sedang berlangsung saat ini. Adapun dalam penentuan sampel penulis menggunakan Proportionate Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dari total populasi kelas XI SMAN 1 Ciranjang. Maka 15% dari jumlah 458 populasi dapat diambil sebanyak 68 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka penggunaan internet berpengaruh pada motivasi belajar siswa yang meningkat pada siswa di SMAN 1 Ciranjang. Peneliti berharap sekolah dapat lebih meningkatkan pembelajaran dengan internet dengan meningkatkan fasilitas-fasilitasnya dan terus berinovasi dalam penggunaan internet pada pembelajaran PPKn.


Full Text:

PDF 140-149

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2021. BPS-Statistics Indonesia.

Elhuluqo, Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gani, Alcianno G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Universitas Suryadarma. Jakarta Timur: Jurnal Sistem Informasi (JSI). 2015 | Hal (Vol. 2, No 2). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/49.

Gasong, Dina. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

Muhtadi, Ali. (2008). Studi Komparatif Sistem Pendidikan Di Jerman Dan Korea Selatan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Dinamika Pendidikan. September 2008 | Hal (Vol. 15, Issue 1). https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4031.

Rois, Munawar (2016). Manajemen Pendidikan Mental dan Karakter di Sekolah. Bandung: Eksis Media Grafindo.

Sardiman, AM. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Syarbaini, Syahrial (2014) Pendidikan Kewarganegaraan: Untuk Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran.: Teori dan Praktik. Sleman Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2456

DOI (PDF 140-149): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2456.g1804

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â