PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI MARGINALISASI GENDER DALAM PEMERINTAHAN

Nina Nobelia Noor, Sindi Novianti, Romi -, Ellen -, Sinta Raudhia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kedudukan kebijakan-kebijakan mengenai pendidikan politik bagi perempuan sebagai upaya mengatasi marginalisasi gender dalam pemerintahan. Penelitian ini menggunakan study kepustakaan dengan metode analisis SWOT terhadap kebijakan-kebijakan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi dan keterwakilan perempuan di bidang pemerintahan memberikan dampak positif yaitu dapat mewakilkan suara masyarakat dan menyampaikan aspirasi rakyat di setiap tingkatan pemerintahan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat ketidaksesuaian antara kebijakan dengan implementasinya, sehingga marginalisasi gender terhadap perempuan di bidang pemerintahan kerap  terjadi. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa kebijakan-kebijakan yang berlaku mengenai keterwakilan perempuan di bidang pemerintahan dapat mendukung terlaksananya pendidikan politik yang menjadi solusi dan sebagai upaya mengatasi permasalahan marginalisasi gender bagi perempuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan hak serta kewajiban warga negara.

Kata kunci: Pendidikan Politik, Marginalisasi Gender, Keterwakilan Perempuan, Pemerintahan, Kebijakan.


Full Text:

PDF 43-57


DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.1607

DOI (PDF 43-57): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.1607.g1585

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â