PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMP NEGERI 3 KARANGTENGAH CIANJUR

Muhaemin Muhaemin

Abstract


Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak dilaksanakan disetiap jenjang sekolah. Dalam kegiatan kepramukaan siswa dididik dan dibina untuk memiliki kepribadian, berwatak baik, memiliki budi pekerti yang luhur, beriman dan bertaqwa serta memiliki tanggung jawab yang tinggi. Pendidikan kepramukaan sangat mendukung terhadap tujuan pendidikan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Kendati demikian, walaupun kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang banyak dilaksanakan di setiap jenjang sekolah baik dasar, menengah maupun perguruan tinggi dan mempunyai banyak manfaat bagi anggotanya, tetapi kepedulian dan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur? Adapun tujuan pada pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembinaan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Hal ini dilakukan karena dibutuhkan hasil penelitian yang sistematis, faktual dan akurat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka di SMP Negeri 3 Karangtengah tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 39 siswa. Jumlah sampel diambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 39 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka mempunyai pengaruh positif bagi siswa yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian. Salah satu kegiatan yang ada dalam  kegiatan kepramukaan adalah kegiatan penjelajahan, siswa mengikuti kegiatan penjelajahan dengan tujuan yang berbeda-beda yaitu untuk melatih sikap, melatih kemandirian, melatih tanggung jawab dan kedisiplinan. Kegiatan penjelajahan berpengaruh terhadap rasa tanggung jawab siswa yang direalisasikan dengan selalu berani mengakui kesalahan sendiri, selain dilatih untuk bertanggung jawab, dalam kegiatan penjelajahan juga ditanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang direalisasikan dengan selalu mengatur waktu dengan baik dan selalu mengerjakan tugas sendiri. Dalam kegiatan kepramukaan dilaksanakan kegiatan perkemahan. Melalui kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk memiliki rasa tanggung jawab, hal ini direalisasikan siswa dengan selalu mengerjakan tugas dengan baik. Selain memiliki rasa tanggung jawab, dalam kegiatan perkemahan siswa ditanamkan untuk disiplin dan mandiri, hal ini direalisasikan oleh siswa dengan cara selalu mengatur waktu degan baik dan percaya pada kemampuan diri sendiri.


Full Text:

PDF 48-58

References


Ahmadi, Abu dan Sholeh, Munawar. 2005. Psikologi

perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anwar, Sudirman. 2015.

Management Of Student Development (perspektif Al- Quran dan As-Sunnah). Riau: Yayasan Indragiri.

Aqib, Zainal & Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang

Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djali. 2007. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Gerakan Pramuka. 2014. Undang- undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juntika. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2014. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharto, Fajar. 2011. Bahan Ajar Pramuka. Jakarta: PT Teratai Emas Indah.

Team DAP. 2012. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: DAP Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i1.1261

DOI (PDF 48-58): https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i1.1261.g1238

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â