PEGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 CIANJUR

Rena Sopyana

Abstract


Proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik apabila didukung oleh kegiatan pembelajaran yang efektif, kegiatan pembelajaran tersebut tentu tidak lepas dari cara siswa memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru, minat belajar merupakan salah satu faktor penunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran karena dengan minat belajar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh positif dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 3 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, dengan teknik yang dipakai adalah angket, observasi, dan wawancara. Populasi yang dijadikan subjek dalam penelitian yaitu seluruh murid kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur berjumlah 270 orang siswa, serta sampel sejumlah 20%  yaitu 45 orang.

Dari hasil penelitian di SMP Negeri 3 Cianjur diperoleh temuan bahwa minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, khususnya dalam peningkatan nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai ulangan akhir semester.


Full Text:

PDF 59-64

References


A.M. Sudirman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Dr. Dimyati, Drs. Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah.Bahri.Syaiful.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Mulyasa, E. 2009.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya (hal: 108).

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempenga- ruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Usman Uzer Muh, Setiawati Lili. (2004). Upaya Optimalisasi KegiataN Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Winkel. W. S (1989). Psikologi Pengjaran. Jakarta: Gramedia.

Presiden RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Bandung :Fokus Media.

http://brewoktea.blogspot.co.id/2011/12/ketentuan-pelaksanaan

penilaian.html.

http://www.co.id/search?=pengertian+ketekunan.Html.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i1.1260

DOI (PDF 59-64): https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i1.1260.g1236

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â