PENGARUH PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMPERKUAT KARAKTER SISWA DI SMAN 1 CIRANJANG
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewargaengaraan merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang ada pada tingkat pendidikan. Dengan belajar Peendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan banyak nilai-nilai karakter yang dikembangkan sebagai salah satu memperkuat karakter siswa di sekolah. Oleh karena itu latar belakang dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui seberapa jauh pengaruh yang di dapatkan setelah belajar Pendidikan Pancasila dan Kewargaengaraan terhadap karakter siswa di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: siswa kelas X SMAN 1 Ciranjang di lingkungan sekolah selalu menanamkan nilai-nilai karakter dengan baik yaitu selalu mengikuti upacara bendera, mentaati peraturan tata tertib sekolah, siswa tidak merokok di lingkungan sekolah, berpakain rapih, melakukan musyawarah bersama dan siswa selalu mengerjakan tugas dan mengikuti pelajaran dengan baik. Bahwa dengan belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memberikan pengaruh yang baik dalam karakter siswa di sekolah, meskipun pengaruh tersebut hasilnya relatif karena tidak semua siswa mendapatkan pengaruh yang sama. Faktor penghambat dalam memperkuat karakter siswa di sekolah yaitu karena faktor zona sekolah, faktor guru bidang pengampu yang mengajar tidak sesuai dengan bidangnya.
Full Text:
PDF 54-62References
Arifin & Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia
Arwiyah & Machhfiroh. (2014). Civic Education di Perguruaan Tinggi. Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal & Sujak. (2011). Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press
Danial & Djuherman. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Harapan Cerdas Publisher
Daryono, dkk. (2011) Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta
Dwiyanto & Saksono. (2012). Pendidikan Karrakter Berbasis Pancasila Negara Pancasila: Agama atau Sekuler; Sosialis atau Kapitalis. Yogyakarta: Ampera Utama
Elfindri, dkk. ( 2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik Dan Profesional. Jakarta: Baduose Media
Fathurrohman & Suryana. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.
Bandung : Alfabeta
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung : Remaja Rosdakarya
Samani & Hariyanto. (2012). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Q.S. Ash-Shafat : 159-160
Yaumi. (2014). Pendidikan karakter Landasan pilar dan Impelementasi. Jakarta: Perdana Media Group
DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i2.1053
DOI (PDF 54-62): https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i2.1053.g983
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :
Â