ANALISIS SEGEMTATION TARGETING POSITIONING AND MODELS CENTER OF GRAVITY UNTUK MENENTUKAN TITIK LOKASI CABANG BARU UD BAROKAH

Hendy Suryana, Fahmi Reza Fauzi

Abstract


Abstract— Placement of a new branch is one of the most important things. Location placement points are expected to be included in the target market zone to better meet the needs of consumers in the region, besides that it is also an easily accessible location and can reach the area to the fullest. UD BAROKAH, as a supplier of agricultural needs, plans to open a new branch to maximize revenue. The purpose of this study is to determine the location of the new branch UD. Barokah. Planning the selection of a target market will begin by using three methods: segmentation, targeting, and positioning. To determine the placement point will be calculated using the center of gravity model. The result of the segmentation method is that the area is divided into three segments, Cipanas District (segment A), Sukaremi District (segment B), and Pacet District (segment C). Targeting analysis resulted in Sukaresmi District (segment B) being the most potential segment and was chosen to be the target market because it produced the highest weighting score with a value of 2.189 while segments A and C produced weighted scores of 1.516 and 1.493. In the positioning analysis UD BAROKAH has an advantage in internal factors compared to competitors of similar stores located in Sukaresmi District, namely UD H OMAL. Placement of new branch location points using the center of gravity model produces coordinate points X 5.9 and Y 5.2, coordinates fall in the Sukaresmi District, Kubang Village, Cianjur Regency.

Keywords: Segmentation, Targeting, Position, Center of Gravity Model.

Abstrak— Penempatan cabang baru adalah salah satu hal yang terpenting. Titik penempatan lokasi diharapkan masuk dalam zona target pasar untuk lebih bisa memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah tersebut, selain itu juga merupakan lokasi yang mudah diakses dan dapat menjangkau wilayah tersebut secara maksimal. UD BAROKAH, sebagai pemasok kebutuhan pertanian, berencana untuk membuka cabang baru untuk memaksimalkan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi cabang baru UD. Barokah. Perencanaan pemilihan target pasar akan dimulai dengan menggunakan tiga metode ialah segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi. Untuk menentukan titik penempatan akan dihitung menggunakan model pusat gravitasi. Hasil dari metode segmentasi adalah bahwa area tersebut dibagi menjadi tiga segmen, Kecamatan Cipanas (segmen A), Kecamatan Sukaremi (segmen B), dan Kecamatan Pacet (segmen C). Analisis penargetan menghasilkan Kecamatan Sukaresmi (segmen B) menjadi segmen yang paling potensial dan dipilih untuk menjadi target pasar karena menghasilkan skor bobot tertinggi dengan nilai 2,189 sedangkan segmen A dan C menghasilkan skor tertimbang 1,516 dan 1,493. Dalam analisis penentuan posisi UD BAROKAH memiliki keunggulan dalam faktor internal dibandingkan dengan pesaing toko serupa yang berlokasi di Kecamatan Sukaresmi, yaitu UD H OMAL. Penempatan titik lokasi cabang baru menggunakan model pusat gravitasi menghasilkan titik koordinat X 5.9 dan Y 5.2, koordinat jatuh di wilayah Kecamatan Sukaresmi, Desa Kubang, Kabupaten Cianjur.

Kata kunci: Segmentasi, Penargetan, Posisi, Model Pusat Gravitasi.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kab. Cianjur. Cianjur dalam Angka 2017. 2017

Zimmerer, Thomas W. & Norman M Scarborough. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. 2008.

Kotler, P. Prinsip-Prinsip Pemasarn Edisi 12 Jilid 1 Jakarta Erlangga. 2008

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi ke-2, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2007.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v3i1.562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri ISSN: 2581-0561 (online); 2581-0529 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: jmtsi@unsur.ac.id 

JMTSI (Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri) INDEXED BY :