Pengaruh Budaya 5R dan Kinerja Karyawan terhadap Lingkungan Kerja di Sinter Plant PT.XYZ

Muhamad Bob Anthony

Abstract


Abstract— PT. XYZ is one of the large and multinational companies engaged in steel production in Indonesia and in the first half of 2019 PT. XYZ faces a challenge that is the many employees in the sinter plant do not implement the 5R culture. Sinter plant is the main supplier plant for the blast furnace plant at PT. XYZ which functions to combine a raw material mixture at high temperatures to produce a product known as sinter ore. This research was conducted at PT. XYZ. The data obtained was then processed and analyzed using the SPSS version 26 program. Based on the results of data processing and analysis, it was found that all indicators used in this study had good validity and reliability. The results of data processing and analysis in this study also found that 5R culture (X1) and employee performance (X2) had an influence on the work environment (Y).

Keywords— 5R Culture, Employee Performance, Work Environment.

 

Abstrak— PT. XYZ adalah salah satu perusahaan besar dan multinasional yang bergerak di bidang produksi baja di Indonesia dan pada semester pertama tahun 2019 PT. XYZ menghadapi tantangan yaitu banyaknya karyawan di sinter plant yang tidak melaksanakan budaya 5R. Sinter plant merupakan plant pemasok utama untuk blast furnace plant di PT. XYZ yang berfungsi untuk menggabungkan suatu raw material mixture pada temperatur tinggi sehingga menghasilkan produk yang dikenal dengan nama sinter ore. Penelitian ini dilakukan di sinter plant PT. XYZ. Data yang didapat kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa tersebut didapat bahwa  semua indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian ini memiliki keabsahan (validitas) dan keandalan (reliabilitas) yang baik. Hasil pengolahan data dan analisa dalam penelitian ini juga mendapatkan bahwa budaya 5R (X1) dan kinerja karyawan (X2) mempunyai pengaruh terhadap lingkungan kerja (Y).

Kata kunci— Budaya 5R, Kinerja Karyawan, Lingkungan Kerja. 


Full Text:

PDF

References


Tampubolon, V. B. (2008). Evaluasi penerapan budaya kerja 5S di PT. AKM.

Osada, T. (2004). Sikap kerja 5S. Jakarta: Penerbit PPM.

Rimawan, Sutowo. 2015. Analisa Penerapan 5s+Safety Pada Areawarehouse di PT. Multifilling Mitra Indonesia. Jurnal Ilmiah PASTI Volume VI Edisi 1- ISSN 2085-5869.

Jahja, K. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Jakarta: Penerbit PPM.

Irawan, P. (2000). Manajemen sumber daya manusia. STIA-LAN Press, Jakarta.

Khairul Umam. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Serang: Universitas Serang Raya Serang.

Sunyoto, D. (2007). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat.

BadanPenerbit. Universitas Diponegoro: Semarang. 2016.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. XIII.

Ghozali, Imam. Aplikasi SPSS. Cetakan IV.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v4i2.1031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri ISSN: 2581-0561 (online); 2581-0529 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: jmtsi@unsur.ac.id 

JMTSI (Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri) INDEXED BY :