IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Sarah Inayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk adalah untuk menelaah motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar  setelah menerapkan model pembelajaran Project-Based Learning di lingkungan program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Suryakancana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Strategi Belajar Mengajar pada tahun Akademik 2015/2016. Peneliti mengambil sampel dari salah satu kelas yang berjumlah 33 orang. Data diperoleh melalui instrumen yang dalam penelitian ini terdiri dari hasil penilaian setiap siklus serta kuisioner. Hasil yang diperoleh adalah pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

 

Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, motivasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Admin. Metode Pembelajaran Ber-basis Proyek (Project Based Learning). [Online]. Tersedia : http://digilib.sunan-ampel. ac.id/files/disk1/151/hubptain-gdl-ellyikasus-7509-3-babii.pdf [15 Januari 2015]

Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdik-nas.

Dimyati dan Mudjiono. (2005). Bela-jar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah,S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Fikri. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). [Online]. Tersedia : http://pakguruonline.pendidikan.net/ [15 Januari 2015]

Hamalik,O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebu-dayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengem-bangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Maizon, H. (2010). Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mate-matika dan Motivasi Siswa. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diter-bitkan

Moursund, D., Bielefeldt, T., Ricketts, R., & Underwood, S. (1997). Effect Practice:Computer Tech-nology in Education. Eugene, OR: ISTE.

Nurjanah. Teori Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia : http://file. upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR.PEND._MATEMATIKA/196511161990012-NURJANAH/ Teori_belajar.pdf [9 September 2015]

Rastodio. Pengertian Motivasi. [Online]. Tersedia : http: //rastodio.com/pendidikan/pengertian-motivasi.html [15 Januari 2015]

Ruseffendi (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengem-bangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosda-karya.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembe-lajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, D. (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung : Rizqi press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kependidikan Terindeks :

Â