PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI SEKOLAH MENENGAH

Yahya Mulyadi

Abstract


Siswa memiliki persepsi dan tuntutan terhadap pembelajaran.  Persepsi siswa baik apabila pembelajaran mampu memenuhi harapan dan kebutuhan belajar mereka.  Dalam harapan dan kebutuhan belajar tersimpul tuntutan.  Ketika harapan dan kebutuhan belajar terpenuhi baik dalam proses maupun hasilnya, pembelajaran dipandang oleh siswa menyenangkan. Di dalamnya melekat ciri dan prinsipnya.  Pembelajaran menyenangkan memiliki ciri, yaitu tertib, konsentrasi dan semangat, tidak membosankan, komunikasi lancar, dan efektif.  Prinsipnya terdiri atas keteraturan bahan ajar dan pelayanan bervariasi. Persepsi dan tuntutan siswa terhadap pembelajaran merupakan umpan balik bagi guru.  Berdasarkan umpan balik guru dapat memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan pembelajaran. Guru memperoleh pelajaran tentang pembelajaran yang sesuai harapan dan kebutuhan belajar siswa.  Berdasarkan masukan itu guru dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengajar.

 

Kata kunci:   pembelajaran, fenomena, persepsi, tuntutan, disiplin, profesional, umpan balik, menyenangkan, karakteristik, prinsip.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin. 2002. Sikap Manusia, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djahiri, A. Kosasih. 2002. Pembela-jaran AJEL, Portofolio-Ter-padu, Multi Dimensional dan Pendidikan Budi Pekerti. Cianjur : PPKn, FKIP, Universitas Suryakancana.

Miller, John. P. 2002. Sekolah Kepribadian. Saduran Abdul Munir Mulkan. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda-karya.

Satori, Djam’an.1995. Perilaku Disiplin dalam Konteks Krea-tivitas Siswa. Ci anjur: STKIP Suryakancana.

Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda-karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kependidikan Terindeks :

Â