2024-03-28T21:37:13Z
https://jurnal.unsur.ac.id/je/oai
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/978
2020-06-23T03:57:41Z
pro-stek:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/604
2019-09-03T06:07:14Z
prisma:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/482
2019-02-07T02:33:42Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/146
2018-05-29T09:37:13Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/891
2022-04-26T04:02:00Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/680
2019-10-16T07:33:42Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/420
2019-02-20T21:17:38Z
ajbsi:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/259
2018-06-07T14:08:31Z
jmj:AU
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/953
2020-06-27T07:52:17Z
jmtsi:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/671
2019-10-16T07:28:00Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/483
2019-02-07T02:33:42Z
agroscience:AGB
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/150
2018-05-29T09:40:50Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/1384
2021-03-16T04:58:28Z
cp:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/652
2019-10-16T07:33:42Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/285
2019-06-20T05:58:31Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/339
2019-01-03T07:38:31Z
triple-s:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/808
2020-06-02T06:12:18Z
agrita:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/653
2019-10-16T07:29:45Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/481
2019-02-07T02:33:41Z
agroscience:AGB
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/149
2018-05-29T09:37:13Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/2885
2023-06-05T04:00:25Z
momen:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/875
2020-03-07T11:28:48Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/287
2019-06-20T05:59:16Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/57
2019-01-09T03:39:59Z
agroscience:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/814
2020-06-02T06:23:21Z
agrita:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/1161
2020-12-22T06:34:53Z
agroscience:AGB
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/520
2019-02-07T03:23:51Z
agroscience:AGB
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/148
2018-05-29T09:37:13Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/3166
2023-06-05T04:00:25Z
momen:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/977
2020-06-23T03:57:41Z
pro-stek:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/622
2019-06-20T06:58:10Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/484
2019-02-07T02:33:42Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/89
2021-01-26T03:57:15Z
agroscience:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/521
2019-02-07T03:23:51Z
agroscience:AGT
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/147
2018-05-29T09:37:13Z
mjinformatika:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/3998
2024-03-25T06:30:18Z
jeopallt:ART
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/1701
2022-01-05T13:04:27Z
je:ART
PEMBERDAYAAN KELOMPOK BELAJAR SISWA DALAM EDUKASI PATUH KESEHATAN
Abiidah, Naurotul'
Natalina, Sri Anugrah
Belajar; Edukasi; Pemberdayaan; Siswa; Learn; Education; Empowerment; Student.
ABSTRAK Pemeritah mewajibkan mematuhi protokol kesehatan setiap melakukan aktivitas di luar rumah. Meningkatnya angka positif COVID-19 berdampak pada pembatasan kegiatan yang dilakukan di luar rumah seperti bekerja dan sekolah. COVID-19 merupakan penyakit dengan proses penularan yang cepat dengan masa inkubasi maksimal 14 hari. Tindakan preventif perlu dilakukan untuk menjaga diri tetap sehat dan tidak terinfeksi virus tersebut. Minimnya sosialiasi dalam masyarakat menjadikan faktor utama bertambahnya kasus positif COVID-19 di Indonesia. Ketidakpatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan hambatan bagi Indonesia untuk mengurangi kasus positif COVID-19. Pemerintah dan masyarakat harus berjalan selaras untuk mewujudkan tujuan tersebut. Salah satunya kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN IAIN Kediri yang memberikan edukasi oatu kesehatan kepada anak-anak di Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. ABSTRACTThe government requires to comply with health protocols everytime doing activities outside the home. The increasing positive number of COVID-19 has an impact on limiting activities carried out outside the home such as work and school. COVID-19 is a disease with a rapid transmission process with a maximum incubation period of 14 days. Preventive measures need to be taken to keep yourself healthy and not infected with the virus. The lack of socialization in the community is the main factor for the increase in positive cases of COVID-19 in Indonesia. Public non-compliance in implementing health protocols is an obstacle for Indonesia to reduce positive cases of COVID-19. The government and society must work in harmony to achieve this goal. One of them is an empowerment activity carried out by KKN IAIN Kediri students who provide health or education to children in Bulu Village, Semen District, Kediri Regency. Â
Universitas Suryakancana
2021-12-31
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/1701
10.35194/je.v2i2.1701
JE (Journal of Empowerment); Vol 2, No 2 (2021): DESEMBER; 270-275
2580-0620
2597-9809
10.35194/je.v2i2
ind
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/1701/1533
Copyright (c) 2022 JE (Journal of Empowerment)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/3382
2023-08-16T04:57:28Z
je:ART
PELATIHAN PENERAPAN STRATEGI PRODUKSI HALAL GREEN PRODUCT DALAM UPAYA MENCIPTAKAN WIRAUSAHA MANDIRI DAN MEMILIKI STRATEGI PRODUKSI
Nusraningrun, Dewi
Mohd Yusoff, Yusliza
Kearifan; Halal; Pelatihan; Produksi; Pemberdayaan; Empowerment; Halal; Training; Production; Wisdom.
ABSTRAK Pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan penerapan strategi produksi wirausaha halal green product. Permasalahan yang muncul dalam produksi produk halal ramah lingkungan adalah keterbatasan pengetahuan yang menyebabkan kualitas produk lokal tidak mampu bersaing di pasar nasional, regional maupun internasional. Dalam rangka mendukung pengabdian kepada masyarakat, upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat tentang produk hijau akan membantu usaha kecil dan menengah untuk mengetahui cara mengembangkan produksi produk hijau halal yang bersaing. Untuk itu, kegiatan ini akan memberikan pendampingan dan pelatihan keterampilan strategi produksi produk hijau, sehingga nantinya mitra mampu mandiri dan memiliki strategi produksi. Keterampilan tersebut selain bermanfaat bagi diri sendiri, setidaknya dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga dengan memperoleh penghasilan dari produksi produk halal halal yang dikembangkan. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: implementasi pengetahuan produk hijau halal yang mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha dalam kegiatan wirausaha produk hijau halal. ABSTRACTThis economic empowerment activity is carried out in the context of community service to the community who run small and medium businesses by providing training on how to implement strategies for producing environmentally friendly halal products. The problem experienced by small entrepreneurs when they produce halal green products is the lack of knowledge and skills about green halal products, so that the products produced are not able to compete widely both domestically and abroad. this activity is the community empowerment of small entrepreneurs who are oriented towards green halal products that can improve their economy. training steps starting from evaluating the products produced, providing training to improve the skills of small entrepreneurs, and how to formulate strategies to increase the production of green halal products that are able to compete in the market, and improve the economy of small entrepreneurs. The outcomes from this community service activity are the implementation of halal green products that are able to increase income.
Universitas Suryakancana
2023-06-28
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/3382
10.35194/je.v4i1.3382
JE (Journal of Empowerment); Vol 4, No 1 (2023): JUNI; 57-63
2580-0620
2597-9809
10.35194/je.v4i1
ind
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/3382/pdf
Copyright (c) 2023 JE (Journal of Empowerment)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/1586
2022-01-05T13:04:27Z
je:ART
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BIMA
Muniarty, Puji
Wulandari, Wulandari
Pratiwi, Aliah
Rimawan, M
MANAJEMEN KEUANGAN, MANAJEMEN PEMASARAN, KEWIRAUSAHAAN
Kuliah; Masyarakat; Pemberdayaan; Pendidikan; Pengabdian; Studying; Public; Empowerment; Education; Devotion.
ABSTRAK Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah bentuk intrakurikuler yang merupakan implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi memberikan pengalaman bekerja dan belajar mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan kuliah kerja nyata menjadi peluang emas bagi mahasiswa yang cerdas, kritis, inovatif dan kreatif dalam mencarikan solusi, formulas dan strategi yang tepat untuk berbagai permasalahan unit-unit usaha/UMKM yang tidak produktif dan pengembangan yang ada didesa. Penempatan lokasi mahasiswa KKN banyak diarahkan pada desa yang memiliki potensi yang unggul namun masih minim skill masyarakat dalam pengelolaan hasil alamnya. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk kelompok peserta kuliah nyata untuk mengubah potensi unggul desa yang ada bernilai ekonomis melalui program kerja pemberdayaan masyarakat yang akan didampingi langsung oleh praktisi dan civitas akademika. Metode pengabdian masyarakat yand dilakuakan oleh mahasiswa KKN yaitu melalui pembekalan KKN, penyuluhan dan pendampingan kewirausahaan, seminar edukasi dan sosialisasi Covid-19 dan evaluasi kegiatan KKN. Adapun sasarna dalam kegiatan ini yaitu masyarakat sekitar lokasi KKN yang terdiri atas ibu-ibu rumah tangga, personal pemilik usaha mikro dan anak-anak. ABSTRACTReal Work Lecture (KKN) is an intra-curricular form which is an implementation of the Tridharma of Higher Education to provide students with work and learning experiences in community empowerment. Real work lecture activities are a golden opportunity for smart, critical, innovative and creative students in finding the right solutions, formulas and strategies for various problems of unproductive business units/UMKM and development in the village. The placement of KKN student locations is mostly directed at villages that have superior potential but still lack community skills in managing their natural products. This is a challenge for the group of real lecture participants to change the existing superior potential of the village with economic value through community empowerment work programs that will be directly assisted by practitioners and the academic community. The community service method carried out by KKN students is through KKN debriefing, entrepreneurship counseling and mentoring, educational seminars and socialization of Covid-19 and evaluation of KKN activities. The target in this activity is the community around the KKN location consisting of housewives, personal micro business owners and children.
Universitas Suryakancana
2022-01-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/1586
10.35194/je.v2i2.1586
JE (Journal of Empowerment); Vol 2, No 2 (2021): DESEMBER; 172-182
2580-0620
2597-9809
10.35194/je.v2i2
ind
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/1586/1524
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/downloadSuppFile/1586/184
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/downloadSuppFile/1586/185
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/downloadSuppFile/1586/186
Copyright (c) 2022 JE (Journal of Empowerment)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:jurnal.unsur.ac.id:article/2688
2022-12-25T07:41:55Z
je:ART
PELATIHAN CLASSROOM INSTRUCTION UNTUK PEMELAJAR BAHASA INGGRIS USIA DINI DI KALANGAN GURU MI AN-NUR
Kurniawati, Nia
Helmie, Jauhar
Maolida, Elis Homsini
Nurviyani, Vina
Salsabila, Vina Aini
Sofarini, Anisa
Saepuloh, Asep
Bahasa; Inggris; Kelas; Pembelajaran; Pelatihan; Language; English; Class; Learning; Training.
ABSTRAKDalam upaya mewujudkan keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, para guru pemelajar usia dini harus dapat memahami kebutuhan siswa mereka. Mereka harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang perkembangan pembelajar muda pelajaran yang efektif untuk memenuhi kebutuhan siswa. MI An-Nur sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran bilingual memerlukan peningkatan kemampuan guru baik bahasa Inggris dan pedagogis. Merujuk pada situasi tersebut, pelatihan bahasa Inggris (classroom instructions) untuk pengajaran para siswa usia dini merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris di MI An-Nur. Pelatihan tersebut dilakukan melalui sejumlah kegiatan simulasi pengajaran yang melibatkan 15 orang guru MI An-Nur beserta para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Suryakancana. Kegiatan pelatihan tersebut meliputi tiga tahapan, yaitu pra-kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Melalui kegiatan pelatihan ini, para guru MI An-Nur memperoleh wawasan dan keterampilan yang lebih baik tentang pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa usia dini terutama mengenai classroom instruction. Dengan demikian, diharapkan para guru di MI An-Nur akan mampu melaksanakan pengajaran Bahasa Inggris yang lebih baik bagi para siswa usia dini. Kata kunci: Classroom instruction; pembelajaran bahasa Inggris; pemelajar usia dini; pelatihan ABSTRACTIn supporting the realization of English as a foreign language learning to young learners, early childhood English teachers must be able to understand the needs of their students. They must have a thorough understanding of the development of young learners in effective lessons to meet student needs. MI An-Nur as a school that implements bilingual learning requires an increase in the ability of teachers in both English and pedagogical. Referring to this situation, English language training (classroom instructions) for teaching early childhood students is a solution to improve the competence of English teachers at MI An-Nur. The training was carried out through a number of teaching simulation activities involving 15 MI An-Nur teachers and lecturers of the Suryakancana University English Education Study Program. The training activities cover three stages, namely pre-activity, implementation of activities, and evaluation of activities. Through this training activity, MI An-Nur teachers gain better insight and skills about teaching English to early childhood students, especially regarding classroom instruction. Thus, it is expected that the teachers at MI An-Nur will be able to implement better English teaching for young learner.
Universitas Suryakancana
2022-12-25
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
application/pdf
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/2688
10.35194/je.v3i2.2688
JE (Journal of Empowerment); Vol 3, No 2 (2022): DESEMBER; 226-237
2580-0620
2597-9809
10.35194/je.v3i2
ind
https://jurnal.unsur.ac.id/je/article/view/2688/pdf
Copyright (c) 2022 JE (Journal of Empowerment)
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
e972294e1256bb952db2b49a11455dd5