Pelatihan SDIDTK dengan Pendekatan Islami berbasis Aplikasi Pada Guru

Ignasia Nila Siwi, Rahmah Widyaningrum, Panca Umar Saputra

Abstract


Abstract
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai solusi atas permasalahan guru Kelompok bermain (KB) yang tidak mengetahui cara deteksi dini anak dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Tujuan kegiatan ini adalah menyelesaikan permasalahan mitra melalui solusi pelatihan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) dengan pendekatan Islami dan berbasis aplikasi. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan SDIDTK, penerapan teknologi aplikasi telenursing SDIDTK, pendampingan dan evaluasi SDIDTK serta keberlanjutan program. Hasil pelatihan didapatkan peningkatan pengetahuan (rata-rata sebelum pelatihan 84,36 dan rata-rata setelah pelatihan 88,36) dan ketrampilan (rata-rata sebelum pelatihan 50 dan rata-rata setelah pelatihan 89,83) guru dalam melakukan SDIDTK.

 

Abstract
This activity was carried out as a solution to the problem of playgroup teachers who do not know how to early detect children with growth and development disorders using valid and reliable instruments. The purpose of this activity is to solve partner problems through training solutions for Stimulation, Detection and Early Intervention of Growth and Development (SDIDTK) with an Islamic and application-based approach. The implementation method includes socialization, SDIDTK training, application of SDIDTK telenursing application technology, SDIDTK mentoring and evaluation and program sustainability. The training results obtained an increase in knowledge (average before training 84.36 and average after training 88.36) and skills (average before training 50 and average after training 89.83) of teachers in conducting SDIDTK.


Keywords


SDIDTK; Telenursing SDIDTK; Siswa; Guru; Islami.

References


Dalimunthe, G. L., Pratama, A. Y., & Rambe, S. R. (2024). Konsep Kompetensi Guru dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial Pada Guru. Cemara Journal, 2(4), 106–112. http://www.cemarajournal.com/journal/index.php/ces/article/view/102

DAPODIK.co.id. (2022). Jumlah Jam Mengajar (JJM) Guru PAUD Dan Rasio Guru Dengan Siswa Terbaru. In DAPODIK.co.id.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, P. D. dan P. M. (2024). Data Pokok KB Bunayya ICBB - Pauddikdasmen. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini.

IDAI. (2014). Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan XI Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta : Practical Management In Pediatrics.

Kemenkes RI. (2020). Kurikulum Pelatihan Stimulasi, deteksi, dan intervensi dini tumbuh kembang.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Muhammadiah, M., Hamsiah, A., Muzakki, A., Nuramila, N., & Fauzi, Z. A. (2022). The Role of the Professional Teacher as the Agent of Change for Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6887–6896. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1372

Padila, Andari, F. N., & Andri, J. (2019). Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia Toddler Antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 244–256. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.809

Rahmi, S. L., Evareny, L., & Mesalina, R. (2024). Pendampingan Paud Dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Dengan Aplikasi SDIDTK. Jurnal Salingka Abdimas, 4(1), 78–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/jsam.v4i1.4866

Rindaningsih, I., & Fahyuni, E. F. (2023). Buku Ajar Profesi Keguruan. In Buku Ajar Profesi Keguruan. UMSIDA PRESS. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-051-9

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih. (2019). Fitrah Anak Dan Pembentukan Lingkungan Untuk Tumbuh Kembang Anak | Sekolah Islam Terpadu Al Fatih.

Siswati, T., Widyawati, H. E., Pertiwi, Q. C., Afianti, W. D., Rialihanto, M. P., Tjaronosari, T., & Nurhidayat, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Android untuk Monitoring Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 46–50. https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i2.96

Soetjiningsih. (2016). Buku Kedokteran: Buku Tumbuh Kembang Anak Ed.2.

Sukesi, T. W., Maurizka, I. R., Pratiwi, R. D., Kahar, M. V., Sari, D. A. P., Indriani, N. S., & Santi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Rumah Sehat Dengan Metode Ceramah Dan Leaflet Di Dusun Modalan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1961

Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Suryandari, A. E., & Purwanti, S. (2018). Analisis Pengetahuan Guru Paud/Tk tentang SDIDTK dengan Pelaksanaan Deteksi Penyimpangan Perkembangan Balita. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(1), 11–20. https://ojs.stikesylpp.ac.id/index.php/JBP/article/view/394

Ulfah, M., Hanifarizani, R. D., Hastuti, N. A. R., Fatmawati, Silvani, Y., Sari, N. P., Dewi, M., & Windari, E. N. (2024). Edukasi dan Implementasi Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Di KB Al-Izzah Singosasri. Journal of Scientific and Social Community Sevice, 3(1), 9–16. https://jenius.ub.ac.id/index.php/jenius/article/view/37

Yuliani, I. (2018). Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK Bagi Guru Dan Wali Murid Paud Pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 1(1), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35842/jpdb.v1i1.14




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

           

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.