Pendampingan Penyusunan Soal-Soal berbasis Numerasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Workshop untuk Guru Sekolah Dasar

Tatang Herman, Sufyani Prabawanto, Nadya Syifa Utami, Gita Rani Putri Mangiri, Syifa Ananda Mefiana, Rini Meilani

Abstract


Abstrak

 

Numerasi merupakan keterampilan mendasar yang krusial bagi setiap individu, namun siswa di Indonesia, termasuk Kabupaten Garut, sering menghadapi kesulitan dalam memahami numerasi. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun soal berbasis numerasi. Artikel ini menguraikan pelaksanaan workshop “Pembelajaran Numerasi di Sekolah Dasar” yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan ini dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, bekerja sama dengan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Workshop mencakup penyampaian materi dan pendampingan penyusunan soal numerasi, melibatkan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar IPI Garut dan guru sekolah dasar setempat. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan wawasan serta keterampilan peserta dalam merancang soal numerasi sesuai dengan konten, konteks, dan proses yang relevan.

 

Abstract

Numeracy is a crucial fundamental skill for every individual, but students in Indonesia, including Garut Regency, often face difficulties in understanding numeracy. To overcome this, it is necessary to increase teacher competence in developing numeracy-based questions. This article describes the implementation of the workshop ‘Numeracy Learning in Elementary Schools’ conducted by a team of lecturers and students of Mathematics Education Universitas Pendidikan Indonesia. This activity was carried out through planning, implementation and evaluation, in collaboration with the Indonesian Institute of Education (IPI) Garut. The workshop included material delivery and assistance in preparing numeracy questions, involving IPI Garut Elementary School Teacher Education students and local elementary school teachers. The evaluation results showed an increase in participants' insights and skills in designing numeracy questions according to relevant content, context, and process.



Keywords


Guru; Matematik; Numerasi; Pendidikan; Sekolah; Education; School; Mathematics; Numeracy; Teacher.

References


Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 129–134. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5582

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan Kemampuan Guru Ekonomi di Kediri melalui Kegiatan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28

Anita, Y., Kiswanto Kenedi, A., Dwi Febriani, R., & Azkiyah, N. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan Differentiated Learning Pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 5(4), 6180–6188. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31387

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Kampus Mengajar 7. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5449

Ardiyanto, C. S., Kiswoyo, K., & Sary, R. M. (2024). Analisis Literasi Numerasi Siswa Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum Di Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Ballin, A., Davidson, E., Caron, J., & Drago, M. (2022). Making math add up for students receiving special education. International Journal of Whole Schooling, 18(1), 1–28.

Barokah, A., Wiharja, A., Sekarwangi, D. P., & Khoerunnissa, V. (2024). Studi Literatur : Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Game pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13330–13338. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.14669

Faiqotusshabrina, N., Fita Asri Untari, M., & Ardi Saputro, B. (2023). Analisis Pengetahuan Dan Kecakapan Literasi Numerasi Siswa Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4580–4595. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8043

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.608

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Geary, D. C. (2011). Cognitive Predictors of Achievement Growth in Mathematics: A 5-Year Longitudinal Study. Developmental Psychology, 47(6), 1539–1552. https://psycnet.apa.org/buy/2011-21763-001

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10–19. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1350

Itu, M. A., Soro, V. M., & Wewe, M. (2024). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di SDK Kisanata. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 107–113. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.921

Jamil, M. N., Raihan, S., & Naimi, N. (2024). Implementasi Program Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah SD IT Assalam Langkat. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4825–4835. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1393

Jemmy, & Sidabutar, M. P. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum, Bahan Ajar, dan Pengelolaan Kelas DI SMPK Wonder School Manado. Community Development Journal, 5(1), 2059–2066. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25741

Magfiroh, R., Lestari, A. S. B., & Nurmalitasari, D. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Di SMPN 6 Kota Pasuruan. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 6(12), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i12.6062

Norfika Yuliandari, R., & Hadi, S. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 194–205. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i2.119

Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78–83. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.1294

Panglipur, I. R., & Yana, S. I. (2023). Fenomena Literasi Numerasi Siswa dalam Memahami Operasi Aljabar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 131–136. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2523

Purnomo, Y. W., Prananto, I. W., Sayekti, O. M., & Sulistyani, N. (2024). Pendampingan Penyusunan Milieu Praktik Mengajar Guru Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 5076–5090.

Rahman, I. H., Wicaksono, A. G., & Hanafi, M. F. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal Literasi Membaca dan Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru SD Gugus Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Jumapolo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 819–825. https://doi.org/10.30653/002.202273.202

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 183–192. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Rehman, N., Zhang, W., Mahmood, A., Fareed, M. Z., & Batool, S. (2023). Fostering Twenty-First Century Skills Among Primary School Students Through Math Project-Based Learning. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01914-5

Rizkiyah, N., Adiansha, A. A., Yusuf, M., Fatmah, F., & Syarifuddin, S. (2023). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan IV dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V SDN Inpres Kalate. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i2.325

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/arini/article/view/74

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sinaga, M. E., & Simanjorang, M. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Parmaksian yang Mengimplemantasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 178–186. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6019

Sulastri, Happy, F., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Upa, R., Ruspa, R., Damayanti, S., & Halim, A. (2024). Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Pendampingan Penggunaan Buku Bahan Bacaan Bermutu SMP Kota Palopo. Madaniya, 5(4), 2003–2009. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.1029

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

           

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.