Pembuatan Aplikasi Jurnal Harian Guru Berbasis Web di Sekolah Menangah Atas

Erma Monariska, Qigelia Hasbulloh

Abstract


Abstrak
Jurnal harian merupakan alat penting bagi guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan jurnal manual dinilai tidak efisien, sehingga dikembangkan aplikasi jurnal harian guru berbasis web untuk memudahkan rekapitulasi aktivitas harian secara terstruktur. Metode yang digunakan meliputi studi lapangan melalui observasi di SMA Cokroaminoto Sukaresmi dan studi literatur terkait aplikasi berbasis web. Sistem ini dirancang menggunakan metode waterfall dengan UML seperti use case, activity, dan sequence diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan database MySQL, sementara pengujian dilakukan menggunakan black box testing. Implementasi di SMA Cokroaminoto Sukaresmi menunjukkan respons positif dari pihak sekolah, yang bersedia mengadopsi aplikasi ini. Aplikasi ini fleksibel dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan fitur tambahan untuk mendukung operasional sekolah.

Abstract
Daily journal is an important tool for teachers in the learning process. The use of manual journals is considered inefficient, so a web-based teacher daily journal application was developed to facilitate the recapitulation of daily activities in a structured manner. The methods used include field studies through observation at Cokroaminoto Sukaresmi High School and literature studies related to web-based applications. The system was designed using waterfall method with UML such as use case, activity, and sequence diagram. The programming language used is PHP with MySQL database, while testing is done using black box testing. Implementation at SMA Cokroaminoto Sukaresmi showed a positive response from the school, which was willing to adopt this application. The application is flexible and can be further developed with additional features to support school operations.


Keywords


Aplikasi; Guru Jurnal; Sekolah; Teknologi; Application; Journal; School; Teacher; Technology.

References


Afriansyah, A., & Syaripudin, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Dewan Guru Tenaga Harian Lepas Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Negeri Kunciran 6 Kota Tangerang. Biner : Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.32699/biner.v1i1.2449

Anjeli, R., & Yanto, B. (2023). Aplikasi Jurnal Mengajar Guru Berbasis Web (Studi Kasus SD Negeri 013 Rambah Samo). RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(1), 20–27. https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1735

Arief, S. F., & Sugiarti, Y. (2022). Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 8(2), 87–93. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.229

Candra Dewi, A., Arfah Maulana, A., Nururrahmah, A., Ahmad, Farid, A. M., Naufal, & S, M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725–9734. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4588

Chaerany, C. (2024). Literature Review Pengaruh Kelengkapan Administrasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah. Journal Education and Government Wiyata, 2(4), 381–395. https://doi.org/https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i4.155

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105–113. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1443

Kurniawati, & Badrul, M. (2021). Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 6.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulida, N. H. (2022). Studi Literatur Penerapan Metode Prototype dan Waterfall dalam Pembuatan Sebuah Aplikasi atau Website (pp. 1–19). https://shorturl.at/cAkKg

Muhsin, M., & Suhermanto. (2024). Sinergitas Teamwork Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Madrasah. SKEMA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/skema/article/view/88

Rosyada, A., Syahada, P., & Chanifudin. (2024). Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 238–244. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.491

Sufiyanto, M. I., Hefni, M., & Roviandri. (2023). Efektifitas Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Mengenal Literasi Sains di Sekolah Dasar. ABUYA Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss2Y2023320

Sugiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O. INNOVATIVE: JournalJournal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6132

Sundari, D. T., Munandar, A., & Irwan, A. (2024). Meningkatkan Kualitas Pengawasan Sekolah dengan Google Classroom dan ChatGPT: Pendekatan Inovatif. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1090–1098. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.598

Tria Rahayu, I., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 1(2), 97–110. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.645




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

           

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.