Literasi Keadilan Gender di Kalangan GEN-Z Melalui Kolaborasi Social Volunteer dan FISIP UNPAS di SMA Negeri 17 Kota Bandung
Abstract
Abstrak
Ketidakadilan gender yang masih meluas di seluruh dunia telah memperkuat urgensi Kesetaraan Gender sebagai prioritas global, sebagaimana ditetapkan dalam SDGs poin ke-5. Generasi Z (Gen-Z) memainkan peran kunci dalam memahami dan mengalami dampak dari fenomena ini, termasuk pelecehan seksual digital dan narasi ketidakadilan gender yang tersebar luas di media sosial. Pendidikan tentang Literasi Keadilan Gender menjadi krusial untuk memberdayakan Gen-Z dalam merespons masalah ini. Sebagai respons, Tim PkM FISIP UNPAS telah memulai kegiatan sosialisasi di SMAN Kota 17 Bandung, melibatkan sukarelawan sosial yang berpengalaman dalam isu-isu gender. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mulai memahami cara yang tepat untuk bertindak dan menanggapi isu kesetaraan gender. Namun, diperlukan monitoring dan pemberdayaan lanjutan untuk mengukur keberhasilan upaya ini, dengan mengamati perubahan perilaku sosial mereka sehari-hari.
Abstract
Widespread gender inequality around the world has reinforced the urgency of Gender Equality as a global priority, as stipulated in SDGs point 5. Generation Z (Gen-Z) plays a key role in understanding and experiencing the impact of these phenomena, including digital sexual harassment and widespread narratives of gender injustice on social media. Education on Gender Justice Literacy is crucial to empower Gen-Z to respond to these issues. In response, the FISIP UNPAS PkM Team has started socialization activities at SMAN Kota 17 Bandung, involving social volunteers experienced in gender issues. The results show that most students are beginning to understand the appropriate way to act and respond to gender equality issues. However, continued monitoring and empowerment is needed to measure the success of this effort, by observing changes in their daily social behavior.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Efianingrum, A., Maryani, M., Sukardi, J. S., Hanum, F., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan. Humanika, 22(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.49102
Heriyanto, D. (2024). Understanding and Uncovering the Behavior, Challenges, and Opportunities.
Hidayatullah, B. S., & Winduwati, S. (2023). Selektivitas Gen Z dalam Memilih Media Informasi di Instagram (Studi Kasus Mahasiswa Di Jakarta). Prologia, 7(2), 398–406.
Isni, K., Putri, T. A., & Qomariyah, N. (2021). Pendampingan Edukasi Gender dan Seksualitas sebagai Upaya Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja. Jurnal Warta LPM, 24(4), 667–676. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Kartini, A., Al-Choeriyyah, M., Tasikmalaya, C., & Maulana, A. (2019). REDEFINISI GENDER DAN SEKS. In Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman (Vol. 12, Issue 2).
KEMENPPPA. (2002). Bahan Informasi Pengarus utamaan : Bagaimana mengatasi kesenjangan Gender. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
Kunz, R. (2014). Gender and security sector reform: Gendering differently? International Peacekeeping, 21(5), 604–622. https://doi.org/10.1080/13533312.2014.963319
Larashati. (2022). Ketimpangan Dan Peningkatan Kesetaraan Gender Dalam Sdgs (Sustainable Development Goals). Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 55–61.
Puspandari, Rr. Y., Nabila, F., & Aziz, A. (2020). Analisis Yuridis Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Hukum Dan Pembangunan Nasional. Jurnal Elektronik Universitas Tidar.
Simamora, I. Y., Azra, A., Nasution, M., Novita, D. D., Syahira, Z., Sakila Nazwa, W., & Siregar, R. A. (2024). Peran Generasi Z dalam Pemilu 2024 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 5918–5922.
Sudirman, F. A., & Susilawaty, F. T. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs): Suatu Reviuw Literatur Sistematis. Journal Publicuho, 5(4), 995–1010. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.41
Susanti, A. (2018). Kesetaraan gender di indonesia. https://www.researchgate.net/publication/329389615
UNESCO. (2019). UNESCO Priority Gender Equality Action Plan.
United Nations. (2024). The 17 Goals. United Nations: Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development. Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development
Widayani, N. M. D., & Hartati, S. (2014). Kesetaraan dan Keadilan Gender Dalam Pandangan Perempuan Bali: Studi Fenomenologis Terhadap Penulis Perempuan Bali. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 149–162.
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i1.4328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.