KAMUSKUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT

Vina Agustiana, Wulan Rahmatunisa, Yuniarti Yuniarti, Noval Octaviansyah, Fina Saeila Azka

Abstract


ABSTRAK

Dalam konsep kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa asing diarahkan untuk membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan Masyarakat. Penggunaan media untuk membantu meningkatkan literasi masyarakat menjadi salah satu solusi yang perlu diperhatikan. Dengan demikian diperlukan adanya media pembelajaran pendukung untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan tema budaya kearifan lokal yaitu budaya Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini penulis mempunyai satu gagasan kreatif untuk mendukung kegiatan belajar masyarakat yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang sekolah menengah atas melalui pembelajaran Bahasa Inggris berbasis aplikasi web. Media pendukung yang dipakai adalah sebuah media pembelajaran berbasis website dengan nama KAMUSKUN (KAMUS KUNINGAN) yang memuat materi bahasa Inggris seperti reading, listening, speaking dan vocabulary bertemakan kebudayaan lokal Kabupaten Kuningan. KAMUSKUN disusun dan dikembangkan oleh tim, sehingga penulis dapat mengembangkan materi yang termuat dalam website tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan. KAMUSKUN dapat diakses pada  https://kamuskun-6k1d.glide.page/dl/3b1bc8. Berdasarkan hasil angket dapat diketahhui bahwa respon siswa terhadap penggunaan Kamuskun ada pada tingkatan baik, sehingga menjadi motivasi tim untuk senantiasa mengembangkan website Kamuskun.

 

ABSTRACT

In the concept of kurikulum merdeka, foreign language learning is directed towards equipping students with relevant communication skills for the needs of the workforce and the community. One of the way to improve communities literacy skills is the implementation of media. Therefore, there is a need for supporting learning media to enhance English language proficiency with a theme of local wisdom, which is the culture of Kuningan District. Consequently, in this community service activity, the author has a creative idea to support the learning activities of individuals who are pursuing education at the high school level through English language learning based on a web application. The supporting medium used is a web-based learning platform called "KAMUSKUN" (KUNINGAN DICTIONARY), which contains English language materials such as reading, listening, speaking, and vocabulary related to the local culture of Kuningan District. "KAMUSKUN" is compiled and developed by a team, allowing the author to expand the website's content to suit the conditions in the field. "KAMUSKUN" can be accessed at https://kamuskun-6k1d.glide.page/dl/3b1bc8. The finding shows that students' responses to using Kamuskun are at a good level, so this is the motivation for the team to continue developing the Kamuskun website.


Keywords


Kamuskun; Pembelajaran; Bahasa Inggris; Berbasis Website; Kamusku; Learning English; by Using Website.

References


Ashari, A., Suppa, R., Muhallim, M., & Mukramin. (2022). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB. JUTINDA, 1(2), 1-11.

Fauzi, I., Hartono, R., Widhiyanto, & Pratama, H. (2022). Mengatasi Anxiety dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 550-556.

First, E. (2022). EF English Proficiency. Retrieved from https://www.ef.com/

Kemdikbud. (2016). Gerakan Literasi Sekolah. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/39/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf

Kusuma, E. A., & Rina, R. (2019). The effectiveness of using a web application to improve students' writing skill. English Education Journal, 9(1), 89-96.

Ma, Q., & Zhao, Y. (2020). Effects of English Central on Chinese EFL Learners' Listening Comprehension, Pronunciation, and Vocabulary Acquisition. Journal of Educational Computing Research, 58(6), 1486-1506.

Mogea, T., & Oroh, E. Z. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE BAGI WANITA KAUM IBU GMIM BUKIT ZAITUN SEA MITRA. SAFARI, 2(3), 114-122. doi:https://doi.org/10.56910/safari.v2i3.195

Mukminin, A., Ali, R., & Ashari, J. (2019). Integrating Local Culture in English Language Teaching: Learners’ Voices. Journal of Language Teaching and Research, 10(6), 1336-1345.

Rusmiyati, E. &. (2020). Improving Students' Cultural Awareness through English Learning Activities. Journal of English Education, Linguistics and Literature, 4(1), 37-44.

Safitri, A. D., Sulami, A., Safitri, J., & Hartanti, D. (2023). erancangan aplikasi belajar bahasa inggris berbasis websiteWebsite-based English learning application design. TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, 10(1), 20-29.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i2.3780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.