PENINGKATAN KUALITAS KELOMPOK SADAR WISATA MELALUI PEMBINAAN PELAYANAN PRIMA

Gilang Ramadhan, Moch. Agus Syadad Saefullah, Ridwan Iskandar

Abstract


ABSTRAK

Potensi desa dapat digali dan dikembangkan melalui kemampuan Pokdarwis, sehingga keberadaan Pokdarwis perlu berkualitas agar dapat menjalankan fungsi dan perannya secara maksimal dengan harapan tujuan pariwisata dapat tercapai. Pokdarwis yang berkualitas adalah Pokdarwis yang memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan berkompeten dalam bidang manajemen dan kepariwisataan. Peningkatan kualitas Pokdarwis dapat diupayakan melalui pembinaan anggota Pokdarwis. Pelayanan Prima merupakan aspek yang diperlukan agar wisatawan dapat merasa puas dan berkelanjutan untuk mengunjungi objek wisata. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembinaan pelayanan prima guna meningkatkan kompetensi anggota Pokdarwis Desa Neglasari. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari lima tahapan diantaranya, tahap survey lokasi dan observasi, tahap perizinan, tahap pengembangan materi, tahap kegiatan pembinaan dan tahap evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan ini didapatkan hasil 88% anggota Pokdarwis merasa puas pada kegiatan pembinaan ini , sebesar 88% peserta pelatihan memahami konsep pelayanan prima pada objek wisata dan 100% peserta memahami mengenai standar operasional prosedur pelayanan prima pada objek wisata.

 

ABSTRACT

Village potential can be explored and developed through Pokdarwis capabilities, so that the presence of Pokdarwis needs to be of high quality so that it can carry out its functions and roles to the fullest in the hope that tourism goals can be achieved. Quality Pokdarwis are Pokdarwis who have qualified and competent Human Resources in the field of management and tourism. Increasing the quality of Pokdarwis can be pursued through coaching. Excellent service is a necessary aspect so that tourists can feel satisfied and sustainable to visit tourist attractions. The purpose of this activity is to provide excellent service development in order to improve the competence of Neglasari Village Pokdarwis members. The method used in this activity consists of five steps including, the location survey and observation, the licensing, the material development, the coaching activity and the activity evaluation. From the results of this activity, it was found that 88% of Pokdarwis members were satisfied with this coaching activity, 88% of the training participants understood the concept of excellent service at tourist objects and 100% of participants understood the standard operating procedures for excellent service at tourist objects.

 


Keywords


Kualitas Pokdarwis; Pembinaan; Pelayanan Prima

References


Endang, Silalahi, M Abas Supriyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Istana Maimun. EconPapers

Eksa, Rudiyana, Putri Permatasari. 2021. Peningkatan Pemahaman Masyarakat Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Giripurno. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol 5 No 5.

Firmansyah, R. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Hary, Hermawan, Dkk. 2018. Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Penerbit NEM

Handoko T. Hani. 2014. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Indermawan, M , Jaenab. 2020. Analisis Pembinaan Kelompok Sadar Wisata Terhadap Kinerja Pegawai. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) Vol 2, No 1, Agustus 2020

Mangunhardjana. 1991. Pembinaan, Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanimus

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat.

Mertayasa, I Kadek Juli. 2022. Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan di AlamandaoeWaterpark Silangjaya. Jurnal akademisi dan Praktisi Pariwisata. Vol 2 No 1.

Pratomo, Shaff Akhsin. 2000. Pelayanan Prima. Bandung: Angkasa Bandung

Putu, Edi Putrawan, Dewa Made. 2019. Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Locus Majalah Ilmiah FIA. UNIPAS. Vol 11 No 2.

Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP (Standard Operating Procedures). Jakarta: Trans Idea Publishing.

Suherman, E. (2010). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-UPI

Theofilus Retmana Putra. 2013. Peran Pokdarwis dalam Pengembangan Atraksi Wisata di Desa Wisata Tembi, Kecamatan Sewon-Kabupaten Bantul. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. Biro Penerbit Planologi Undip Volume 9 (3): 225-235 September 2013.

Yandip Provinsi Jateng. 2019. Hadiri Pembinaan Pokdarwis, Kokok: Kunci dari Pariwisata adalah Promosi. Portal Berita Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Diakses 14 Juni 2023. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/hadiri-pembinaan-pokdarwis-kokok-kunci-dari-pariwisata-adalah-promosi/




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.